Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak Persiapan Terminal Pulo Gebang untuk Antisipasi Arus Balik

Pulo Gebang merupakan salah satu tujuan untuk bagi mayoritas bus yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mengangkut penumpang program mudik gratis.
Pekerja melintas di dekat deretan bus TransJakarta di Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Pekerja melintas di dekat deretan bus TransJakarta di Jakarta, Sabtu (27/8/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA —  Terminal Pulo Gebang akan menyiagakan armada tambahan Transjakarta untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus balik Lebaran 2023,

Kasatpel Operasional dan Kemitraan Terminal Pulo Gebang Hendra Kurniawan menjelaskan bahwa pihaknya akan mengusulkan menambah armada Transjakarta guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang kembali ke Ibu Kota.

Hendra menjelaskan Terminal Pulo Gebang akan menjadi salah satu tujuan untuk bagi mayoritas bus yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mengangkut penumpang program mudik gratis.

"Kami sudah berkomunikasi dengan penyelenggara [mudik gratis], kemungkinan sebelum sampai tujuan sini, kami akan rapat kemungkinan berkoordinasi dengan bidang angkutan jalan untuk koordinasi ke Transjakarta untuk menyediakan armada malam hari," ujarnya di Jakarta, Kamis (20/4/2023).

Lebih lanjut, Hendra menuturkan bahwa kendati Transjakarta sebelumnya sudah beroperasi 24 jam, namun jumlah armada yang dioperasikan masih sangat terbatas. Oleh karena itu, pada masa arus balik nanti akan lebih ditingkatkan.

Di samping itu, pihaknya mengusulkan adanya penambahan rute Transjakarta yang beroperasi dari Terminal Pulo Gebang agar memudahkan para penumpang yang kembali.

"Biasanya hanya ke Pulo Gadung, tapi nanti kami juga ada tambahan tujuan," ungkapnya.

Direktur Operasi dan Keselamatan Transjakarta Daud Joseph menjelaskan pihaknya melakukan penyesuaian jam layanan pada saat perayaan hari raya Idulfitri dengan layanan perdana mulai pukul 09.00 WIB.

Kebijakan ditujukan agar memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan untuk melaksanakan sholat Ied di Hari Raya Idulfitri.

“Setelah itu, kami akan kembali melayani pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam bermobilitas menggunakan transportasi publik yang terbaik,” katanya.

Penyesuaian jam operasional berlaku di semua layanan Transjakarta baik, Bus Rapid Transit (BRT), Non BRT, Bus Wisata hingga Mikrotrans.

Selain itu, selama periode libur Lebaran, Transjakarta mengoperasikan sebanyak 4 rute-rute menuju tempat wisata. Keempat rute tersebut yaitu Puri Beta-Ragunan, Pulo Gadung 2-Ragunan, Juanda-Ancol  dan Ragunan-Departemen Pertanian.

“Rute-rute itu akan melayani masyarakat mulai tanggal 22 - 30 April 2023. Kami siap mendukung kegiatan berwisata bagi warga DKI Jakarta dengan layanan kami,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper