Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dugaan Malapraktik JIS, Fraksi Golkar DPRD DKI Tolak Pembentukan Tim Pansus

Fraksi Golkar DPRD DKI menolak adanya pembentukan tim panitia khusus (pansus) yang ditujukan untuk mendalami dugaan malapraktik pembangunan JIS
Dugaan Malapraktik JIS, Fraksi Golkar DPRD DKI Tolak Pembentukan Tim Pansus. Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram
Dugaan Malapraktik JIS, Fraksi Golkar DPRD DKI Tolak Pembentukan Tim Pansus. Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram

Bisnis.com, JAKARTA - Fraksi Golkar DPRD DKI menolak adanya pembentukan tim panitia khusus (pansus) yang ditujukan untuk mendalami dugaan malapraktik pembangunan Stadion Jakarta International Stadium (JIS).

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco mengatakan, jika perbaikan fasilitas Stadion JIS harus dilakukan pansus pihaknya menolak, kecuali sebelum dibentuk pansus sudah dilakukan audit terlebih dahulu.

"Kalau harus sampai pansus, Golkar menolak, kecuali setelah dilakukan audit dan pemeriksaan dan perlu pendalaman lagi, mungkin bisa naik pansus,” ujar Basri saat dihubungi wartawan, Kamis (13/7/2023).

Dia menilai, jika pansus dibentuk untuk menindaklanjuti permasalahan Stadion JIS, berisiko sarat kepentingan politik dibandingkan dengan substansional.

"Banyak pansus juga tidak jelas ujungnya, tidak dilaksanakan juga sama eksekutif padahal sudah capek-capek kita bahas dan mendalami di pansus,” jelasnya. 

Basri menyatakan, Fraksi Golkar lebih mendukung Stadion JIS untuk diperbaiki agar bangunan ini sesuai dengan standard FIFA, sehingga nantinya bisa digunakan untuk pelaksanaan Piala Dunia U-17.

“Untuk diperiksa, disempurnakan, atau direnovasi untuk kepentingan tempat Piala Dunia, Golkar setuju dan mendukung penuh,” jelasnya.

Di lain pihak, Anggota Komisi A Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan tim pansus ini perlu dibentuk untuk menelusuri tanggapan Buro Happold mengenai pembangunan Stadion JIS yang tidak sesuai dengan panduan desain yang sudah telah diberikan kepada BUMD PT Jakarta Konsultindo (Jakkon).

“Rasa-rasanya cocok untuk dibentuk pansus, supaya mencapai kebenaran tersebut agar tidak terjadi polemik yang tidak produktif, sehingga kita akan fokus dalam konteks pembahasan persoalan JIS ini terang benderang,” ujar Gembong.

Dia melanjutkan, rencana pembentukan tim pansus tersebut dilakukan untuk mencari benang merah dari permasalahan perbaikan Stadion JIS, agar dalam pembahasan kedepan bisa jauh lebih baik. 

“Pansus ini dalam rangka untuk melihat benang merahnya jangan sampai terjadi polemik yang berkepanjangan,” jelasnya.

Pembentukan tim pansus Stadion JIS juga untuk memastikan aset ini merupakan milik masyarakat Jakarta, bukan hanya milik perorangan. Pasalnya, usai diumumkan Stadion JIS diperbaiki, hal ini menjadi perdebatan politik dari berbagai pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper