Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ribuan Anak Ramaikan Hari Anak KAJ 2024, Rayakan Kebahagiaan Bersama

Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) bekerja sama dengan SP Global Movement (5P Kids) menyelenggarakan Hari Anak Keuskupan Agung Jakarta pada Sabtu (5/10/2024).
Uskup Ignatius Kardinal Suharyo memimpin ibadah Misa Syukur Perayaan Ekaristi Kudus di Jakarta, Sabtu (5/10/2024)/Bisnis/Himawan L Nugraha
Uskup Ignatius Kardinal Suharyo memimpin ibadah Misa Syukur Perayaan Ekaristi Kudus di Jakarta, Sabtu (5/10/2024)/Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA— Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) bekerja sama dengan SP Global Movement (5P Kids) menyelenggarakan Hari Anak Keuskupan Agung Jakarta pada Sabtu (5/10/2024) di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta.  Acara tersebut dihadiri oleh ribuan anak

KAJ menggelar agenda tersebut dalam memperingati World Children’s Day dan memperkuat kepedulian terhadap anak-anak. Hari Anak KAJ 2024 mengambil tema “Anak Indonesia Sehat, Bersahabat, dan Jadi Berkat.” 

Acara ini diharapkan menjadi langkah awal dari gerakan berkelanjutan dalam merangkul anak-anak Indonesia untuk masa depan yang lebih baik.

Acara ini dihadiri oleh 1.000 anak dari 68 paroki di Keuskupan Agung Jakarta, sekolah-sekolah Katolik, anak-anak berkebutuhan khusus, serta panti asuhan. Mereka didampingi oleh 500 orang pendamping dan panitia, menciptakan suasana penuh kegembiraan dan kebersamaan. 

Dalam acara ini, anak-anak dari berbagai kelompok usia terlibat dalam permainan konstruktif Kristiani, yang terbagi dalam beberapa kategori usia, yakni kelompok TK, SD kecil (kelas 1-3), dan SD besar (kelas 4-6). 

Puncak acara ditandai dengan Misa Syukur yang dipimpin oleh Kardinal Ignatius Suharyo, di mana dia memberikan pesan yang menyentuh hati seluruh peserta.

Dalam homilinya, Kardinal Suharyo menyampaikan rasa terima kasih kepada anak-anak yang telah melayani firman Tuhan dengan luar biasa. Beliau menyampaikan kekagumannya terhadap kemampuan anak-anak dalam menyanyi dan melayani. 

“Saya berpikir, waktu saya kecil seperti kalian, bisa nggak ya seperti itu? Saya jawab, tidak bisa. Kalian itu sudah sangat hebat dalam melayani firman Tuhan,” kata Kardinal Suharyo. 

Dia menambahkan bahwa partisipasi aktif anak-anak dalam ibadah memberi harapan besar bagi masa depan gereja. “Ketika kalian besar, gereja pasti akan sangat maju karena kalian semua adalah anak Tuhan,” tambahnya.

Kardinal Suharyo juga mengapresiasi para panitia dan pendamping yang telah bekerja keras untuk menyukseskan acara ini, serta menutup sambutannya dengan memberikan penghargaan khusus kepada anak-anak dan pendamping yang telah membuat Hari Anak KAJ menjadi perayaan yang penuh semangat.

Acara ini juga memiliki arti penting karena telah mendapat restu dari Sri Paus Fransiskus saat kunjungannya ke Indonesia pada 4 September kemarin. Dalam kesempatan tersebut, Salib Belarasa dan apparel Hari Anak KAJ telah diberkati oleh Sri Paus. 

Hal ini menandakan dukungan penuh dari Vatikan untuk gerakan kepedulian terhadap anak-anak di Indonesia, khususnya di lingkungan KAJ. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momen syukur atas lima tahun kepemimpinan Kardinal Suharyo sebagai pemimpin tertinggi di KAJ. Perayaan tersebut ditandai dengan pemotongan kue syukur, yang simbolis untuk mengenang perjalanan Kardinal Suharyo sebagai pelayan Gereja.

Sebagai tanda peresmian Hari Anak KAJ, acara diakhiri dengan cap tangan di patung tangan yang diawali oleh Kardinal Suharyo dan dilanjutkan oleh perwakilan anak-anak dari dekenat-dekenat di KAJ. Momentum ini menjadi simbol kuat bahwa anak-anak KAJ akan terus menjadi berkat dan masa depan bagi gereja dan bangsa.

Berikut ini Susunan Acara Hari Anak KAJ yang digelar hari ini: 

07.45–08.15 Registrasi

08.15–08.30 Pembukaan acara

08.30-08.45 Kata sambutan

08.45-09.45 Acara bermain anak-anak

09.45-10.00 Talkshow anak-anak berkebutuhan khusus bersama Kardinal Suharyo

10.00-10.30 Mengenal Kardinal Suharyo lebih dekat lagi

10.30-12.00 Misa syukur perayaan ekaristi kudus 

12.00-13.00 Acara perayaan syukur 5 tahun Kardinal Suharyo dan acara puncak peresmian Hari Anak KA


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper