Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok Janji Jakarta Siap Hadang Banjir

Pemerintah DKI Jakarta optimis lebih siap menghadapi musim hujan tahun ini, terutama mengatasi ancaman banjir, karena telah melakukan sejumlah perbaikan fasilitas saluran air .

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah DKI Jakarta optimis lebih siap menghadapi musim hujan tahun ini, terutama mengatasi ancaman banjir, karena telah melakukan sejumlah perbaikan fasilitas saluran air .

"Dari tahun sebelumnya, tahun ini kita lebih siap, para camat dan lurah sudah diperintahkan untuk mengeruk selokan yang ada di wilayah masing-masing," kata Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, seperti dikutip Antara, untuk sungai-sungai besar telah dilakukan pengerukan oleh Dinas Pekerjaan Umum serta dilakukan pemasangan turap.

Namun, tambah dia, tentu saja upaya itu belum sempurna karena rumah susun belum siap. "Kita tidak mungkin mengusir orang yang bermukim di tempat yang salah jika belum ada alternatif tempat tinggal," kata dia.

Dia mengatakan tidak dapat mengusir begitu saja orang yang sudah 30-40 tahun tinggal di lokasi yang rawan banjir.

Menurutnya, salah satu solusi mengatasi banjir adalah menyiapkan rumah susun sehingga warga yang tinggal di pinggir sungai dapat dipindahkan ke lokasi yang lebih baik.

Selain itu Dinas PU telah memperkuat tanggul yang sudah ada serta menyiapkan pompa air terutama di kawasan Jakarta Utara.

Ia berharap masyarakat juga ikut bertanggung jawab bersama-sama mengantisipasi banjir dengan memastikan tidak ada selokan yang tersumbat di lingkungan masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper