INFOMASI BANJIR: Ahok Minta Warga DKI Manfaatkan Twitter

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengimbau agar seluruh warga Ibu Kota memanfaatkan twitter untuk memetakan banjir dan menyediakan informasi terbaru ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI.
Veronika Yasinta | 02 Desember 2014 18:16 WIB
Suasana banjir di Jakarta. Ahok minta warga sampaikan informasi melalui twitter - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengimbau agar seluruh warga Ibu Kota memanfaatkan twitter untuk memetakan banjir dan menyediakan informasi terbaru ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI.

"Kalau ingin melaporkan soal banjir tolong nge-tweet dengan tanda pagar yang diikuti kata 'banjir' yang dimention ke @petajkt dan masuk ke petajakarta.org," katanya pada Peluncuran Petajakarta.org, di Balai Kota, Jakarta, Selasa (2/12/2014).

Fasilitas infrastruktur SMART ini merupakan kerja sama yang melibatkan Universitas Wollongong, Australia, dan Twitter Inc., dan BPBD DKI Jakarta.

Setiap kicauan yang masuk akan berguna untuk membangun sebuah peta informasi bencana secara real time sehingga BPBD DKI dapat tanggap dan sigap secara real time pula.

Berikut cara berpatisipasi menanggulangi bencana banjir di Jakarta dengan sentuhan twitter:

1. Aktifkan "location services" atau tambah geo-tag dengan klik simbol pin pada saat membuat tweet di ponsel pintar berbasis Android atau iOS
2. Sertakan foto saat mengunggah kicauan yang dapat disertai dengan deskripsi situasi banjir
3. Mention tweet ke @petajkt dengan hashtag #banjir

Langkah singkat ini akan langsung terhubung dengan situs www.petajakarta.org sebagai perangkat tanggap bencana secara real time.

 

Tag : Banjir Jakarta
Editor : Ismail Fahmi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top