Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mulai 17 Desember Motor Dilarang Melintas di Medan Merdeka Barat

Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan larangan sepeda motor melintas di Bundaran HI hingga Jalan Medan Merdeka Barat mulai 17 Desember 2014.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/beritajakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA— Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan larangan sepeda motor melintas di Bundaran HI hingga Jalan Medan Merdeka Barat mulai 17 Desember 2014.

SIMAK: Ahok Putar Otak Cari Sosok Seperti Hashim Djojohadikusumo

Untuk sementara, kebijakan tersebut hanya diberlakukan di ruas jalan tersebut, karena terbatasnya jumlah armada bus tingkat yasng dimiliki Pemprov DKI Jakarta.

"Karena kita baru punya 10 armada bus tingkat gratis, maka pembatasan lalu lintas motor baru diberlakukan dari Bundaraan HI hingga Jalan Medan Merdeka Barat,” kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Rabu (10/12/2014).

Namun, jika penerapan aturan itu berjalan sukses dan jumlah armada bus tingkat bertambah, maka larangan motor melintas akan diperluas ke ruas jalan lainnya.

”Kalau sumbangan bus tingkat bertambah, barulah larangan bagi motor melintas di ruas jalan diperluas,” ujarnya.

Untuk kelancaran penerapan kebijakan tersebut, kata Ahok, pihaknya juga telah meminta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk tidak lagi memberi pengawalan untuk kendaraan dinas wali kota dan gubernur.

”Lebih baik petugas Dishub DKI mengawal bus tingkat ini selama beroperasi di jalanan, sehingga masyarakat merasa lebih nyaman naik bus tingkat gratis ketimbang mengendarai sepeda motor,” ucapnya.

Pemprov DKI Jakarta juga telah menyiapkan rencana pembangunan ruang bawah tanah di Monas berkapasitas besar yang mampu menampung ribuan sepeda motor.

”Kita juga mau kerja sama dengan pengelola gedung untuk menyediakan lahan parkir sepeda motor sehingga warga tidak kesulitan mendapat tempat parkir dan melanjutkan perjalanan naik bus tingkat gratis,” ungkapnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengakui larangan sepeda motor melintas di Bundaraan HI ini menimbulkan pro dan kontra.

”Tidak apa-apa yang penting pembatasan ini bertujuan agar Jakarta lebih baik pada masa mendatang. Persoalannya orang di Jakarta ini banyak yang gak mau berubah, makanya kita paksa pembatasan ini diberlakukan,” tegasnya. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Ditekan Buruh, Ahok Bersikukuh UMP DKI Rp2,7 Juta

 Ahok Kaget SKPD Ramai-ramai Beriklan di Televisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Beritajakarta.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler