Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PGN Area Tangerang Sasar Rumah Tangga dan Komersil

Tingginya harga gas elpiji serta penaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi dan tarif dasar listrik dimanfaatkan oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Area Tangerang dengan gencar menarik konsumen rumah tangga beralih menggunakan gas alam.
Gas Alam /Bloomberg
Gas Alam /Bloomberg

Bisnis.com, TANGERANG - Tingginya harga gas elpiji serta penaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi dan tarif dasar listrik dimanfaatkan oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Area Tangerang dengan gencar menarik konsumen rumah tangga beralih menggunakan gas alam.

Lebinner Sinaga, Manager Area Tangerang PT PGN Tbk. mengatakan pada 2015 pihaknya fokus menggarap konsumen rumah tangga dengan mengembangkan jaringan pipa gas alam, membangun Mobile Refueling Unit (MRU), dan pengadaan converter kit untuk kendaraan pribadi.

“Tahun depan kami fokus bangun stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) offline dan online yaitu MRU. Selain itu, di Tangerang Selatan akan memperpanjang 10 kilometer pipa gas, dan Kabupaten Tangerang tambah 30 Km di kawasan industri,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (19/12/2014). 

Untuk penyaluran gas alam di Kota Tangerang, lanjutnya, tinggal melakukan penetrasi ke pasar rumah tangga dan komersil. Pasalnya, daerah ini secara keseluruhan telah dilintasi oleh pipa gas PGN. Dengan demikian, penyaluran gas kepada konsumen di Kota Tangerang akan berjalan lebih cepat.

Secara keseluruhan, panjang pipa gas di areal Tangerang raya mencapai 286 km. Dari total panjang tersebut, mayoritas kawasan industri di area ini sudah dilalui pipa PGN.

Masyarakat dan kelompok sasaran komersil di Kota Tangerang telah menyadari penggunaan gas alam lebih murah ketimbang elpiji. Itu terlihat dengan semakin banyaknya permintaan pemasangan jaringan pipa ke sejumlah pemukiman penduduk serta ke hotel dan pusat perbelanjaan.

Dengan menggunakan gas alam untuk kebutuhan konsumsi, konsumen rumah tangga dapat mengurangi beban biaya hingga 60%, sementara bagi pelaku usaha atau komersil, dapat menghemat ongkos produksi hingga 40%.

Tahun ini, PGN telah bekerja sama dengan Pemkot Tangerang dalam pengaliran gas alam kepada 103 unit dari 336 unit rumah di Rumah Susun Manis Jaya Kota Tangerang. Pengelolaan jaringan gas tersebut akan dilakukan oleh dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang.

Selain itu, pada 2015, sejumlah pelanggan komersial seperti apartemen, hotel, pusat perbelanjaan modern telah mengajukan pemasangan jaringan gas dengan kapasitas konsumsi 30.000-50.000 meter kubik per bulan untuk satu lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper