Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah...8% Sekolah di DKI Tak Ada Listrik

Sebagai ibukota negara Republik Indonesia, siapa sangka masih banyak sekolah di DKI Jakarta yang belum teraliri listrik.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com JAKARTA - Sebagai ibukota negara Republik Indonesia, siapa sangka masih banyak sekolah di DKI Jakarta yang belum teraliri listrik.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dasar Menengah Anies Baswedan mengungkapkan di seluruh Indonesia masih banyak sekolah umum mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yang belum teraliri listrik.

"Bahkan, DKI Jakarta hanya 92% sekolah umum yang sudah teraliri listrik. Artinya, sekitar 8% sekolah umum di DKI Jakarta dan sekitarnya, belum teraliri listrik," katanya dalam konferensi pers bersama Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, Jumat (20/3).

Padahal, sekolah umum di provinsi Jawa Tengah, Bangka Belitung, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur memiliki prosentase yang lebih baik. Kelima provinsi itu mencatatkan angka masing-masing 97%, 96%,96%,95% dan 95%.

Sementara, lanjutnya, secara nasional dari sekitar dari 208.000 sekolah umum, sebanyak 17.500 sekolah atau sekitar 8,4% belum teraliri listrik.

"Dari angka itu, paling banyak sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang belum teraliri atau sebesar 4.952 sekolah. Sementara sekolah menegah atas dan sekolah menengah kejuruan masih terdapat 2.588 sekolah yang belun teraliri listrik," katanya.

Untuk itu, pihaknya membentuk task force bersama Kementerian ESDM agar sekolah bisa segera dialiri listrik. Apalagi sekolah yang berada di daerah tertinggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper