Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasien Puskesmas Tangsel Berobat Dengan Sidik Jari

Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, TANGSEL-Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus).

Program terbaru Simpus untuk sementara diberlakukan di 5 puskesmas yaitu Puskesmas Pondok Betung, Puskesmas Pondok Jagung, Puskesmas Setu, Puskesmas Ciputat Timur dan Puskesmas Benda Baru.  

Airin Rachmi Diany, Walikota Tangsel, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan BPPT dalam pembuatan Simpus untuk membatu memudahkan masyarakat yang akan berobat di puskesmas.  

“Persoalan muncul pada saat masyarakat yang ingin berobat lupa membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sebab, di Tangsel gratis berobat jika memiliki KTP domisili Tangsel,” katanya dalam situs resminya, Selasa (24/11/2015).

Menurutnya, banyak pasien yang mengeluh ketika berobat tidak membawa KTP sehingga menjadi persoalan baru.

Untuk itu, lanjutnya, Pemkot Tangsel membuat sistem finger print agar pasien yang datang hanya menempelkan jarinya sudah langsung bisa berobat dengan gratis. 

Masyarakat akan direkam ulang sidik jarinya di puskesmas domisilinya, nanti datanya akan muncul di setiap puskesmas yang ada di Tangsel, sehingga pasien bisa berobat di mana saja.

Selain itu, imbuhnya, seluruh rekam medisnya pun akan selalu terlihat di puskesmas mana pun yang sudah menerapkan sistem Simpus tempat yang dipihnya untuk berobat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper