Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Organda DKI Tolak Usul Penghapusan Premium di Jakarta. Ini Alasannya

Organda DKI Jakarta menolak rencana Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama yang ingin menghapus penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di Ibu Kota.
Ilustrasi/JIBI-Rachman
Ilustrasi/JIBI-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Organda DKI Jakarta menolak rencana Gubernur DKI Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama yang ingin menghapus penjualan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium di Ibu Kota.

"Penghapusan premium akan meningkatkan biaya operasional pemilik dan supir angkutan umum, khususnya jenis angkutan kota (angkot) dan taksi. Kami tak setuju kalau rencana tersebut diterapkan sekarang," ujar Ketua DPD Organda DKI Shafruhan Sinungan, Rabu (3/2/2016).

Dia menuturkan jika aturan tersebut diberlakukan maka angkutan umum terpaksa "menenggak" bensin jenis lain, misalnya Pertalite dan Pertamax.

Masalahnya, harga kedua jenis BBM tersebut lebih mahal dibanding Premium.

"Kalau benar Premium dihapus maka pemilik dan supir harus beralih minimal ke Pertalite. Ini berarti biaya operasional otomatis meningkat. Ujung-ujungnya akan berimbas ke kenaikan tarif angkutan," jelasnya.

Untuk itu, Shafruhan meminta Gubernur Ahok untuk menangguhkan rencana tersebut.

Setidaknya, lanjut dia, sampai sistem transportasi umum di Jakarta benar-benar mumpuni.

"Rencana penghapusan BBM ini kan bagus untuk mengurangi minat orang pakai kendaraan pribadi. Namun, harus dipikirkan juga dampak sosialnya ke masyarakat. Jangan sampai warga kelas bawah justru jadi teriak," katanya.

Sebelumnya, ‎Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta PT Pertamina menghapuskan peredaran premium di wilayahnya demi mendorong masyarakat pengguna kendaraan pribadi beralih ke kendaraan umum.

Selain itu, dia mengatakan hal ini dilakukan demi ketepatan sasaran dari subsidi pemerintah, yang semula diberikan kepada BBM untuk dialihkan pada subsidi transportasi massal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper