Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILKADA DKI 2017: Alasan Nasdem Dukung Ahok

Partai NasDem mendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok untuk kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta masa bakti 2017-2022.
Partai Nasdem/Youtube
Partai Nasdem/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Partai NasDem mendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok untuk kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta masa bakti 2017-2022.

Dukungan terhadap Ahok dalam Pemilihan Kepala Daerah 2017 itu disampaikan di Auditorium Gedung Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (12/2/2016).

"Kami memutuskan mendukung Ahok kembali menjadi Gubernur DKI. Keputusan ini tentu diambil setelah diskusi mendalam dan pencermatan," ujar Ketua Fraksi NasDem Victor Laiskodat dalam konferensi pers tersebut.

Partai NasDem hanya memiliki lima kursi DPRD DKI Jakarta. Victor belum memastikan partai mana yang akan diajak berkoalisi jika hendak mengusung Ahok pada pemilihan mendatang.

Sesuai ketentuan, partai politik harus memiliki 22 kursi agar bisa mengusung pasangan calon. Jika tidak, partai tersebut harus bergabung atau koalisi.

Victor mengatakan, NasDem menganggap Ahok sebagai pribadi yang profesional dalam bekerja. Tekad dan semangat Ahok sangat diperlukan dalam membangun Jakarta.

"Yang paling penting juga sikap konsisten dia, seorang pemimpin butuh itu," ujar dia.

Ahok yang merupakan mantan anggota Partai Gerakan Indonesia Raya sempat memutuskan menempuh jalur independen dalam Pilkada 2017. Sejumlah pihak yang disebut 'Teman Ahok' kini tengah mengumpulkan tanda tangan dan KTP sebagai simbol dukungan.

Pada pemilihan lalu, dia merupakan calon wakil gubernur terpilih yang berpasangan dengan Joko Widodo. Dia kini menjadi gubernur setelah Jokowi menjadi presiden.

Pada pemilihan mendatang, Ahok mengaku cocok berpasangan dengan wakil gubernur Djarot Syaiful Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper