Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Parkir Liar Kendaraan Penghuni Rusun Griya Tipar Cakung Akan Ditertibkan

Sebanyak 25 persen penghuni Rusun Griya Griya Tipar Cakung, Kelurahan Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur memiliki mobil. Mereka biasanya memarkirkan kendaraannya, di jalan yang ada di sisi selatan rusun.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 25 persen penghuni Rusun Griya Griya Tipar Cakung, Kelurahan Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur memiliki mobil. Mereka biasanya memarkirkan kendaraannya, di jalan yang ada di sisi selatan rusun.

Ketua RW 10 Cakung Barat, Moody J Prang menuturkan, dari 1.000 kepala keluarga yang ada di Rusun Griya Tipar Cakung, 25 persennya memiliki mobil. Angka ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan dirinya bersama petugas keamanan rusun, saat akan dilakukan penataan areal parkir setahun lalu.

"Ada sekitar 25 persen warga rusun yang memliki mobil. Namun itu juga tidak seluruhnya milik pribadi, ada juga milik kantornya atau bosnya," kata Moody, Rabu (24/8).

Menurutnya, karena ada larangan parkir mobil di dalam rusun oleh pihak Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI. Warga pun terpaksa memindahkan kendaraannya dan parkir di jalan lingkungan yang ada di samping rusun. Jalan ini merupakan jalan tembus menuju Jakarta Garden City (JGC). Ada juga yang memilih parkir di areal parkir khusus milik warga.

Banyaknya kendaraan parkir di pinggir jalan dikeluhkan warga karena mengganggu ketertiban umum. Pihak Kelurahan Cakung Barat sudah mengeluarkan surat edaran agar warga tidak lagi parkir di pinggir jalan. Sebab lahan ini akan dijadikan jalan alternatif, yang menghubungkan Jakarta Garden City dan Kelapa Gading.

Lurah Cakung Barat, Henrica Kuswandari mengatakan, surat edaran larangan parkir mobil di pinggir jalan sudah dilakukan sekitar dua pekan lalu. Alasannya, jalan yang digunakan parkir mobil adalah jalan umum.

"Saat ini jalan masih milik JGC. Karena belum ada serah terima jadi belum ditertibkan. Tapi kalau sudah serah terima pasti dilakukan penertiban. Karena ini merupakan parkir liar," tandas Henrica.

Menurutnya, kendaraan yang diparkir di pinggir jalan, bukan hanya milik warga rusun namun ada juga milik warga luar rusun. Hanya saja memang kendaraan dari warga rusun sangat mendominasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Berita Jakarta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper