Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Raya Idul Adha: Penjualan Hewan Kurban Mulai Bermunculan

Suasana menyambut datangnya hari raya Idul Adha mulai terasa di sejumlah wilayah di Tangerang Selatan, kendati hari besar keagamaan itu masih sekitar setengah bulan lagi, pada 12 September 2016.
Sapi
Sapi

Bisnis.com, TANGSEL- Suasana menyambut datangnya hari raya Idul Adha mulai terasa di sejumlah wilayah di Tangerang Selatan, kendati hari besar keagamaan itu masih sekitar setengah bulan lagi, pada 12 September 2016.

Kehadiran pedagang hewan kurban berupa kambing dan sapi mulai terlihat di beberapa lokasi, antara lain di Jl WR Supratman, Kelurahan Cempaka Putih dan Kelurahan Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel.

Hamdan, seorang pedagang hewan kurban itu mengatakan bahwa hewan kurban miliknya ditempatkan di kandang yang lokasinya relatif ke dalam, baru nanti setelah mendekati Idul Adha akan digeser ke tempat yang lebih ke pinggir jalan.

“Karena masih jauh dari saatnya penyembelihan kurban, maka hewan-hewan itu kami tempatkan di lokasi agak ke dalam dari jalan agar tidak stres. Tetapi, pemasarannya terus jalan, termasuk lewat media sosial,” katanya, Minggu (28/8/2016).

Menurutnya, timnya terus memasarkan hewan kurban melalui media sosial, whatssap , face book dan instagram, dengan hasil yang cukup efektif karena mulai ada pemesanan.

Selain itu, lanjutnya, tim pemasaran hewan kurban itu juga mendatangi masjid, musala, termasuk sekolah yang biasa menyelenggarakan kegiatan penyembelihan hewan kurban dan pembagian dagingnya.

Adapun harga hewan kurban untuk kambing dibandrol untuk tipe A berbobot sekitar 20-25 kg dipatok seharga Rp2 juta, tipe B bobot 26-30 km seharga Rp2,5 juta dan tipe C berat 30-35 kg seharga Rp3 juta dan tipe super diatas 40 kg seharga Rp3,5 juta-Rp4 juta per ekor.

Sementara harga sapi untuk tipe A berat 200-250 kg seharga Rp14,2 juta, tipe B bobot 250-275 kg seharga Rp16,3 juta, tipe C berat 275-300 kg seharga Rp17,7 juta, tipe D bobot 300-350 kg seharga Rp20,3 juta dan tipe super diatas 500 kg dipatok seharga Rp30-Rp3,5 juta.

Biasanya harga hewan kurban tersebut termasuk ongkos kirim dari lokasi penjualan ke tempat penyembelihan saat hari raya Idul Adha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper