Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games 2018: Ada 56 Titik Keran Air Siap Minum di GBK, Kayak di Luar Negeri

PAM Jaya menjamin distribusi air bersih ke 51 arena olahraga dan Wisma Atlet selama perhelatan Asian Games 2018.
Lingkungan Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta, salah satu tempat utama gelaran Asian Games 2018./Reuters-Darren Whiteside
Lingkungan Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta, salah satu tempat utama gelaran Asian Games 2018./Reuters-Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA – PAM Jaya menjamin distribusi air bersih ke 51 arena olahraga dan Wisma Atlet selama perhelatan Asian Games 2018.

Direktur Utama PAM Jaya Erlan Hidayat mengatakan pihaknya juga mengalirkan air minum lantaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun keran air siap minum atau drinking fountain di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

"Totalnya ada 56 titik. Ada 40 drinking fountain di dalam arena atau indoor dan 16 sisanya di area luar atau outdoor. Ada satu drinking fountain di Velodrome yang dibangun Aetra," ujarnya di Jakarta pada Senin (13/8/2018).

Dia menuturkan fasilitas tersebut dibangun untuk para atlet, officials (tim resmi), dan semua penonton yang bakal menyaksikan pertandingan cabang ola raga di kawasan GBK.

Lebih lanjut, drinking fountain tersebut diletakkan di lokasi yang strategis sehingga bisa diakses dengan mudah oleh semua pengunjung.

"Kadar mineral dan kualitas air di semua titik keran air minum dipastikan sesuai dengan standar. Pengunjung bisa langsung minum tanpa khawatir soal kebersihan. Semua sesuai standar seperti di luar negeri," lanjut Erlan.

Ketua Tim Gabungan Suplai Air Bersih Asian Games 2018 Elly Darmawati mengungkapkan pihaknya telah mengecek kualitas air di semua drinking fountain di GBK, Velodrome, dan Wisma Atlet Kemayoran.

Awalnya, dia melakukan pengecekan seluruh fasilitas drinking fountain yang sudah terpasang pada awal Juni. Dia pun membawa sampel air ke laboratorium.

Hasilnya, dia menemukan bakteri ecolli di hampir semua titik keran air minum yang ada di GBK. Berangkat dari hasil riset, Tim Gabungan langsung bertindak.

"Kami minta izin ke pengelola GBK untuk membersihkan semua saluran/pipa dan menambah kaporit. Hasil cek laboratorium terakhir semua drinking fountain siap minum," katanya menjelaskan.

PAM Jaya juga menyiapkan 17 truk tanki yang akan berjaga-jaga atau stand by jika pasokan air bersih ke 51 venue terhambat. Dia menuturkan enam di antaranya sudah melalui proses akreditasi oleh pihak penyelenggara Asian Games (Inasgoc).

"Kami juga mendapat tambahan 20 truk tanki dari Kementerian PUPR yang siap digunakan saat pertandingan dilaksanakan," jelasnya.

PAM Jaya serta dua operator air di DKI Jakarta, yaitu PT Aetra Air Jakarta (Aetra) dan PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) bakal memasok air bersih dan air minum sebanyak 110 hingga 120 liter/detik selama 3 pekan perhelatan Asian Games.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper