Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan Potensi Anak, Gubernur DKI Minta Kepala Sekolah Lakukan Hal Ini

Kepala Sekolah di DKI Jakarta diminta melakukan langkah yang bisa menumbuhkan potensi siswa.
Ilustrasi: Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)
Ilustrasi: Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Sekolah di DKI Jakarta diminta melakukan langkah yang bisa menumbuhkan potensi siswa. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta para kepala sekolah dapat membangun ekosistem pendidikan yang baik sehingga mampu menumbuhkan potensi anak meraih cita - citanya.

"Proses ini menumbuhkan potensi anak untuk dapat meraih semua yang jadi cita-citanya selama belajar," kata Anies saat memberi arahan kepada 721 kepala TPA, TK, SD, SMP, SMA, SLB Negeri dan kepala PKBM Negeri di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Selain itu, para kepala sekolah diimbau bisa membangun situasi sekolah  yangmenyenangkan, karena inilah salah satu syarat anak bisa belajar dengan baik. Kemudian guru bekerja dengan baik dan lingkungan juga akan menjadikan simbol yang baik.

Menurut Anies, ukuran keberhasilan, salah satunya adalah bila sekolah bisa menjadi sekolah yang menyenangkan.

"Kita akan berikan teknik-tekniknya dan kita pastikan bahwa sekolah-sekolah di Jakarta menyenangkan.  Jika itu terjadi, Insya Allah, anak kita akan bisa senang," kata Anies.

Dia juga meminta kepada kepala sekolah agar menjaga hubungan baik dengan orang tua siswa sebab mereka adalah mitra pendidikan utama.

Sedangkan sekolah dan guru, adalah bagian dari institusi pendidikan yang menjalankan sebagian dari kewajiban orang tua. Sebagai institusi pendidikan, pihak sekolah harus membangun hubungan yang baik dengan orang tua dan memastikan apa yang dikerjakan di sekolah dipahami dengan baik oleh orang tua.

"Sekolah juga harus membangun hubungan yang baik dengan lingkungannya untuk menjadikan ruang sekitar sekolah memberikan keuntungan kondusif untuk anak - anak belajar. Gunakan fasilitas sekolah untuk lingkungan di sekitarnya," kata Anies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper