Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JOKOWI: Besaran Gajinya terlempar dari lima besar?

JAKRTA—Gaji Gubernur DKI, Joko Widodo (Jokowi) tidak masuk lima besar, kalah besar dibadingkan dengan jumlah gaji lima gubernur  lainnya. Dari rilis  LSM Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), gaji terbesar diperoleh Gubernur
Adi Ginanjar Maulana
Adi Ginanjar Maulana - Bisnis.com 17 Desember 2012  |  19:16 WIB

JAKRTA—Gaji Gubernur DKI, Joko Widodo (Jokowi) tidak masuk lima besar, kalah besar dibadingkan dengan jumlah gaji lima gubernur  lainnya. Dari rilis  LSM Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), gaji terbesar diperoleh Gubernur Jawa Timur yang mencapai Rp642 juta per bulan.

Sekadar diketahui gaji pokok yang diterima Jokowi sebagai Gubernur DKI sebesar Rp 3 juta plus tunjangan jabatan Rp5,4 juta, dan ada biaya rumah tangga/rumah dinas Rp30 juta, total Rp 38,4 juta.

Direktur Riset Sekretaris Nasional FITRA Maulana  mengatakan besaran gaji para kepala daerah ini, baik gubernur dan wakilnya, wali kota dan wakilnya, maupun bupati dan wakilnya, tidak hanya ditentukan dari nilai gaji pokok serta tunjangan, seperti yang ditetapkan undang-undang.

Sebab, selain gaji pokok dan tunjangan, para kepala daerah itu mendapatkan insentif dari jumlah pajak serta retribusi daerah. “Semakin besar retribusi dan pajak yang diperoleh dari suatu daerah, maka akan semakin besar penghasilan yang didapat para kepala daerah,” ujar Maulana, Senin (17/12/2012)

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan kepada Antara menilai pernyataan Fitra merupakan sebuah informasi menyesatkan. “Rilis Fitra itu menyesatkan, membuat persepsi orang menjadi salah menjadi kacau, padahal itu dana operasional bukan gaji," kata Ahmad Heryawan usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Anti-Korupsi se-Dunia di Gedung Sate Bandung, di Kota Bandung, Senin (17/12/2012). 

Heryawan menuturkan Fitra juga harus mengoreksi pernyataan tersebut. “Fitra harus mengoreksi pernyataan tersebut. Nggak ada itu gaji segitu. Untuk lebih jelasnya tanya Biro Keuangan," ujar dia.

Menurut Heryawan, dalam sebulan dirinya menerima gaji dan tunjangan sebesar Rp8 juta ditambah dengan dana insentif sebesar 10 kali gaji dari pajak.“Penghasilan gaji dan tunjangan saya masing-masing hanya Rp8 juta ditambah insentif. Hanya itu yang resmi. Baca anggaran dong, itu salah nomen klaturnya," kata dia.Pernyataan Fitra yang menyatakan penghasilan Gubernur Jabar Rp605 juta/per bulan bukanlah gaji seorang gubernur namun hal tersebut merupakan dana operasional. “Dana operasional Rp605 juta per bulan, itu di setiap provinsi ada dana operasional," kata dia.Menurut dia, ada tujuh pejabat daerah yang menerima dana operasional tersebut seperti gubernur, wakil gubernur, ketua DPRD dan empat wakil ketua DPRD.Ia menuturkan, dana operasional tersebut digunakan untuk membayar tol, membayar makan dan minum jika dalam perjalanan dinas dan kunjungan ke daerah. 

Sekretaris Nasional Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran ( FITRA), Ucok Sky Khadafi menegaskan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 59 Tahun 2000 Tentang Hak Keuangan/Administratif Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dan Bekas Kepala Daerah/Bekas Wakil Kepala Daerah Serta Janda/Dudanya menetapakan bahwa gaji seorang gubernur Rp3 juta per bulan, dan wakil gubernur Rp2,4 juta.Namun, selain gaji, gubernur dan wagub mendapatkan tunjangan jabatan sesuai Keputusan Presiden Nomor 168 Tahun 2000 tentang Tunjangan Jabatan Bagi Pejabat Negara Tertentu. Gubernur mendapat tunjangan Rp5,4 juta dan untuk wagub Rp4,32 juta. Sehingga, jika diakumulasi total pendapatan setiap bulan bagi gubernur Rp8,4 juta dan bagi wagub Rp6,72 juta.Ucok mengatakan di DKI, tunjangan operasional gubernur dan wagub dianggarkan Rp17,6 miliar untuk 2012. Alokasi tersebut, masuk dalam jenis belanja tidak langsung. Dimana pemanfaatan anggaran ini tidak langsung bersentuhan dengan masyarakat, atau tidak diperoleh masyarakat. (Antara/msb)

Daftar lima gubernur berpenghasilan tertinggi:

PosisiJumlah gaji (juta)
Gubernur JatimRp642
Wakil Gubernur JatimRp627
Gubernur JabarRp603
Wakil Gubernur JabarRp584
Gubernur KaltimRp344
Wakil Gubernur KalimRp328
Guebrnur SumutRp327
Wakil Gubernur SumutRp321
Wali Kota Surabaya per bulanRp194
Wakil Wali Kota SurabayaRp187
Wali Kota MedanRp129
Wakil Wali Kota MedanRp123
Wali Kota BandungRp88
Wakil Wali Kota BandungRp82
Wali Kota SemarangRp82
Wakil Wali Kota SemarangRp76
Wakil Wali Kota BekasiRp76
Wakil Wali Kota BekasiRp70

Sumber:Fitra


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Martin Sihombing

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top