Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waskita Karya Bangun Tiang Monorel DKI

PT Waskita Karya Tbk mendapat proyek pekerjaan tiang monorel yang dibangun oleh PT Jakarta Monorel.
/Bisnis-Endang Muchtar
/Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahana kontraktor pelat merah PT Waskita Karya Tbk mendapat proyek pekerjaan tiang monorel yang dibangun oleh PT Jakarta Monorel.

Hal itu terlihat ketika peresmian kelanjutan pembangunan konstruksi monorel oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Setiabudi Kuningan Jakarta, Rabu (16/10/2013). 

Direktur Utama Waskita Karya M Choliq mengatakan sementara mendirikan empat tiang di satu titik untuk diuji kekuatannya yang memakan waktu satu bulan sehingga belum diketahui nilai proyeknya. "Kami akan hitung setelah uji kekuatan," katanya saat menghadiri peresmian tersebut. 

Menurutnya, tahap pertama pada lokasi tiang dibor sedalam 28 meter sebagai tempat pengecoran pondasi. Adapun tiang setinggi 12 meter di atas tanah. Proses uji kekuatan tersebut butuh waktu sekitar satu bulan menunggu cor kering. 

Tiang monorel saat ini desain dan kekuatannya berbeda karena kereta yang akan dipakai berlainan sehingga Waskita Karya juga akan melakukan audit terhadap tiang-tiang yang lama. 

"Diameter pondasi tiang 1,5 meter itu sudah cukup besar tapi nanti kekuatannya dites dulu, kalau tidak kuat kita cor lagi," ujarnya. 

Ketika didesak biaya pembangunan satu tiang, Choliq belum bisa memperkirakan karena baru pertama kali ini mengerjakan tiang monorell.

Sebelumnya pernah mengerjakan tiang jalan tol Bali - Tanjung Benoa namun tetap saja konstruksinya berbeda sehingga belum bisa mengatakan angka. "Nilai keseluruhan [monorel] kan US$1,3 miliar, kita dapat berapa belum tahu," jelasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper