Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polemik Tiang Monorel: PT JM Siapkan Uji Tuntas

Polemik tiang monorel milik PT Adhi Karya siap diselesaikan

Bisnis.com, JAKARTA—PT Jakarta Monorail menyatakan siap menyelesaikan polemik tiang monorel milik PT Adhi Karya agar pelaksanaan proyek transportasi massal berbasis rel tunggal ini berjalan lancar.

Avianto Perdana, Konsultan Hukum Ortus Holdings, mengatakan dalam penyelesaiannya, pihaknya pertama-tama akan membereskan terlebih dahulu perbedaan nilai atas tiang monorel saat ini.

Oleh karena itu, akan dilakukan proses uji tuntas (due diligence) dalam waktu dekat untuk menentukan kembali nilai tiang monorel tersebut.

Proses uji tuntas ini akan dilakukan oleh instansi independen yang ditentukan oleh PT Jakarta Monorail dan PT Adhi Karya selaku pihak yang bersengketa.

“Kami baru mau melakukan due diligence, yang akan menilai dari segi teknis, legal [hukum], dan finansialnya,” katanya saat jumpa media dengan PT Jakarta Monorail, Selasa (22/10/2013).

 Dia menjelaskan sebenarnya, penentuan nilai tiang monorel sudah pernah dilakukan, di antaranya oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kantor Jasa Penilai Publik Amin, Nirwan, Alfiantori, dan rekan (KJPP ANA).

Audit BPKP menyebutkan nilai tiang sekitar Rp130 miliar. Adapun, audit dari KJPP ANA menyebutkan nilai tiang sekitar Rp193 miliar.

Khusus hasil audit KJPP ANA, Avianto mengatakan ada kejanggalan di dalamnya, misalnya terdapat penilaian atas stasiun dengan nilai Rp52 miliar, padahal pembangunan stasiun belum dilakukan.

“Kami akan laksanakan jual beli, tetapi harus sesuai, harus ada fairness di dalamnya,” ujarnya.  (ra)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler