Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahok Bilang tak Perlu Malu Ingatkan Orang Pakai Kondom

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) mengatakan tidak perlu malu untuk mengingatkan setiap orang untuk menggunakan kondom.
/JIBI
/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Kampanye penggunaan kondom dalam setiap peringatan hari AIDS sedunia kerap menjadi isu kontroversi. Bagi sebagian orang yang menolak kampanye penggunaan kondom berdalih tindakan tersebut merupakan legalisasi seks.

Namun, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) mengatakan tidak perlu malu untuk mengingatkan setiap orang untuk menggunakan kondom.

"Itu tidak bertentangan dengan agama. Kalau mau debat panjang tunggu di akhirat," kata Basuki, saat peringatan Hari AIDS Sedunia di Bundaran HI, Minggu (1/12/2013).

Ia juga meminta setiap warga secara sukarela memeriksakan diri ke puskesmas dan menghindari seks sebelum menikah.

"Kalau tahu pencegahannya mudah. Takutnya kalau tidak tahu penularannya tidak sengaja dilakukan. Untuk remaja atau siswa SMP dan SMA, hindari melakukan seks sebelum menikah," ujarnya seperti dikutip situs resmi milik Pemprov DKI, Beritajakarta.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengingatkan bahwa penanggulangan virus HIV AIDS tak perlu dikaitkan dengan agama, apalagi stigma terhadap pengidapnya.

"Kita tidak bisa memaksa orang untuk ikut Tuhan. Kenapa kita jadi Tuhan di dunia? Sejak tahun 2000, kita temukan kasus anak SMA kena HIV. Menakutkan. Mari jangan terjebak dengan simbol agama. Kita perangi HIV, bukan orangnya,"  tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler