Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kronologis 'Teror' Benda Mencurigakan di Samping Kedubes AS

Benda mencurigakan berupa kotak penyimpanan kunci mobil, Kamis (5/12/2013) ditemukan di samping Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 4-5, Jakarta Pusat.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Benda mencurigakan berupa kotak penyimpanan kunci mobil, Kamis (5/12/2013) ditemukan di samping Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 4-5, Jakarta Pusat.

Berdasarkan keterangan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto  kotak tersebut berupa tempat penyimpanan kunci mobil berwarna abu-abu yang ditemukan tepatnya di pinggir tembok di bawah jalan layang Kedubes AS.

"Ada dua saksi yang menemukan kotak mencurigakan itu,"  tuturnya seraya menyebutkan kedua  saksi itu, di antaranya Sauri, kelahiran Sampang, Madura, 2 Desember 1993, beragama Islam dan berprofesi sebagai pedagang kopi keliling.

Saksi kedua, yakni bernama Baini (25), tinggal di Kwitang, Senen, beragama Islam dan beprofesi yang sama, pedagang kopi keliling.

Menurut saksi, kronologis kejadian tersebut yaitu pada Kamis (5/12/2013) sekitar pukul 15.00 WIB, saat berjualan kopi di tempat kejadian perkara (TKP) saksi melihat ada sebuah unit kendaraan bak terbuka pengangkut sampah berwarna hitam putih berhenti untuk memuat kardus bekas selama lima menit kemudian meninggalkan TKP.

"Saksi mengaku tidak hafal nomor polisi kendaraan tersebut," katanya.

Selanjutnya saksi melihat ada sebuah kotak penyimpanan kunci dan saksi Sahuri sempat membuka kotak tersebut.

Di dalamnya terdapat benda dengan panjang 20 centimeter yang dilapis lakban kuning dan ada kabel warna kuning, biru dan merah.

"Karena curiga, hal tersebut dilaporkan kepada Briptu Silaban, Kesatuan Sat Brimobda Polda Metro Jaya yang sedang mengamankan di Kedubes AS," kata Rikwanto.

Pada pukul 16.00 WIB, lanjutnya, Tim Gegana Polda Metro Jaya berjumlah 10 personel yang dipimpin Ipda Mujiadi riba di TKP untuk melakukan "riging" dengan tali guna memindahkan kotak tersebut.

Rikwanto mengatakan kotak tersebut juga dideteksi melalui sinar x sebanyak satu kali. "Di dalam kotak tersebut ada rangkaian detonator dan akan dicerai-beraikan terlebih dahulu dengan 'discruptor'."

Pukul 16.45 WIB,  dilakukan disposal atau diledakkan, kemudian dibiarkan selama 15 menit, dan pada pukul 17.05 WIB, benda mencurigakan tersebut disimpan dalam jaket bom untuk kemudian dibawa ke Mako Brimob Petamburan untuk diurai.

"Situasi saat ini sudah kondusif,"  tegas Rikwanto. (Antara)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswires

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper