Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penanganan Banjir: DKI Usulkan Dana Hibah Bagi Wilayah Penyangga Ibu Kota

Pemprov DKI Jakarta mengusulkan anggaran dana hibah bagi wilayah-wilayah sekitar Ibu Kota untuk penanganan banjir.

Bisnis.com, JAKARTA--Pemprov DKI Jakarta mengusulkan anggaran dana hibah bagi wilayah-wilayah sekitar Ibu Kota untuk penanganan banjir.

"Kita akan alokasikan dana hibah Rp45 miliar untuk delapan kabupaten dan kota yang berada di sekitar wilayah DKI Jakarta dalam RAPBD DKI 2014," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI sekaligus Deputi Gubernur DKI bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Sarwo Handayani, Senin. (9/12/2013)

Menurut Yani itu, seperyi ditulis Antara, dana hibah tersebut disalurkan oleh Badan Kerja Sama Pemerintah (BKSP) Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), dan diberikan kepada Pemkot Tangerang, Pemkab Tangerang, Pemkot Tangerang Selatan, Pemkot Depok, Pemkot Bekasi, Pemkab Bekasi, Pemkot Bogor dan Pemkab Bogor.

"Dana hibah tersebut nantinya akan digunakan untuk memperbaiki kondisi daerah aliran sungai (DAS) di wilayah hulu atau di daerah penyangga DKI Jakarta, yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi," ujar Yani.

Dana tersebut juga akan dimanfaatkan untuk membeli lahan guna pembangunan DAS, kemudian membongkar bangunan-bangunan yang ada di pinggir DAS, serta membuat daerah resapan biopori di kawasan pemukiman.

Terkait usulan Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama untuk membeli lahan di kawasan Depok guna dijadikan waduk, Yani menuturkan hal tersebut masih dalam pertimbangan.

"Kita belum bisa anggarkan pembelian lahan itu di dalam RAPBD DKI 2014 karena lokasi pasti pembangunan waduk itu sampai dengan saat ini masih belum diketahui secara pasti."

Yani mengungkapkan jika tetap dianggarkan di dalam RAPBD DKI 2014, maka akan berpotensi menjadi Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SiLPA) atau kelebihan anggaran pada 2014.

Sejak 2010, Pemprov DKI telah memberikan dana hibah untuk penanganan masalah banjir di sejumlah kabupaten atau kotamadya di daerah sekitar Jakarta melalui Badan Kerja Sama Pembangunan Jabodetabekjur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper