Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 5 Tips Hadapi Macet Liburan Anda

Lazimnya orang berlibur untuk menghilangkan stres dan rasa jenuh karena rutinitas sehari-hari.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BOGOR - Lazimnya orang berlibur untuk menghilangkan stres dan rasa jenuh karena rutinitas sehari-hari.

Namun, pada kondisi libur panjang akhir tahun seperti ini, sebagian besar jalanan menuju tempat wisata akan dipadati banyak kendaraan dan menyebabkan macet.

Alih-alih menjadi segar, liburan akan terasa menyiksa ketika Anda tidak mempersiapkan kondisi tersebut.

Untuk itu, cermati tips-tips yang dirangkum Bisnis.com dari berbagai sumber di bawah ini agar liburan tetap menyenangkan meskipun menghadapi macet.

1. Cari tahu apakan destinasi yang dituju rawan macet.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengecek info lalu lintas atau meminta informasi satuan lalu lintas daerah yang Anda tuju. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah salah satunya melalui social media atau akun twitter yang telah disediakan, misalnya @TMCPoldaMetro.

2. Gunakan kendaraan umum.

Dengan menggunakan kendaraan pribadi, selain Anda berkontribusi pada kemacetan, Anda akan merasa lelah karena harus menyetir sambil menunggu arus lalu lintas lancar, sedangkan dengan kendaraan umum, Anda bisa beristirahat dan melakukan kegiatan lain saat terjebak macet. Bahkan Anda bisa memilih moda transportasi bebas macet seperti kereta api dan pesawat terbang.

3. Persiapkan hal-hal yang dapat mengusir kebosanan.

Jangan lupa untuk membawa MP3 player ataupun buku, hal tersebut bisa membunuh rasa jenuh saat kendaraan yang Anda tumpangi tidak bergerak. Sedia makanan dan minuman juga akan bermanfaat untuk menghindarkan Anda dari kelaparan.

4. Cari jalur alternatif.

Jika Anda sudah mengetahui daerah tujuan rawan macet, alangkah baiknya Anda mulai mencari jalur alternatif agar terhindar dari macet. Untuk melakukan hal ini Anda bisa memanfaatkan teknologi GPS yang sudah tertanam pada smartphone.

5. Berangkat lebih cepat.

Jika aka mengunjungi lokasi wisata yang rentan terkena kemacetan, sebaiknya Anda pergi lebih awal dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper