Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Wisata Keliling Jakarta? Naik Bus Tingkat 'Aja', Gratis 'loh'

Pemprov DKI Jakarta kini mempunyai 5 bus tingkat yang baru saja diimpor dari China untuk kepentingan pelayanan wisatawan mancanegara maupun domestik secara gratis yang berkunjung ke Ibu Kota.
/Kota Tua, Jakarta
/Kota Tua, Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta kini mempunyai 5 bus tingkat yang baru saja diimpor dari China untuk kepentingan pelayanan wisatawan mancanegara maupun domestik secara gratis yang berkunjung ke Ibu Kota.

Kelima bus  itu tiba pada Senin (13/1/2014) pukul 22.00 WIB dan dilakukan bongkar muat hari ini pukul 08.30 WIB. Selanjutnya, bus-bus itu akan menjalani tahap penyelesaian dokumen bea cukai, sehingga diperkirakan bisa keluar dari pelabuhan pada Kamis.

“Nanti akan ada pengecekan dokumen, setelah selesai besok Kamis akan dipajang di bundaran HI supaya masyarakat Jakarta mulai tahu dan uji coba pada Jumat dan Sabtu,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman di terminal 1 Tanjung Priok Jakarta, Selasa (14/1/2014).

Bus wisata tersebut berwarna ungu pada deck bawah dan warna hijau pada deck atas bertuliskan ‘Wisata Keliling Ibukota’ dengan kapasitas penumpang 60 seat. Armada ini juga dilengkapi fasilitas bagi penyandang disabilitas.

Menurut Arie ada beberapa rute alternatif yang akan dilalui bus yakni Blok M, Tanah Abang, Museum Tekstil, Monas dan Kota Tua. Keunggulan bus ini menjadi tambahan pelayanan turis sejak pukul 07.00--21.00 WIB.

Namun, jumlah 5 bus masih jauh dari ideal. Selayaknya Jakarta memiliki 15-20 bus yang beroperasi tiap hari. Secara bertahap Pemprov akan menambah bus tersebut dengan anggaran APBD serta dari korporasi melalui CSR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper