Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Bantaran Ciliwung Serega Direlokasi

Pemerintah segera merelokasi warga bantaran di sepanjang Sungai Ciliwung untuk memudahkan program normalisasi kali.

Bisnis.com, JAKARTA -Pemerintah segera merelokasi warga bantaran di sepanjang Sungai Ciliwung untuk memudahkan program normalisasi kali.

Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan untuk mengatasi banjir pihaknya akan memprioritaskan normalisasi sungai maupun waduk untuk menanggulangi banjir di Jakarta.

"Keruk-keruk sungai dan waduk semuanya yah langsung dikerjain," ujar dia di Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Jokowi  menegaskan relokasi warga bantaran di sepanjang aliran Sungai Ciliwung juga segera dimulai untuk memudahkan program normalisasi kali.

"Ya relokasi pun dimulai juga. Namun,  yang jelas, 13 sungai besar itu di pemerintah pusat. Itu  jangan ditanyakan ke saya. Tanyakan  ke saya itu yah kali yang kecil-kecil seperti got, keruk-keruk waduk itu tanyakan ke kita, meskipun waduk yang besar itu sebetulnya bukan kita tapi itu kita kerjain," ujar dia.

Jokowi mengatakan penggunaan dana untuk melaksanakan rekayasa cuaca menunggu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2014 diverifikasi oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Kan verifikasi dari APBD 2014 itu kan belum dari Kemendagri, jadi masih pake dana dari BNPB," ujar Jokowi.

Menurut dia, verifikasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2014 oleh Kementerian Dalam Negeri diharapkan rampung dalam pekan ini. "Tunggu dari Kemendagri minggu inilah kira-kira rampung," kata dia.

Terkait sekolah dan kantor kelurahan maupun kecamatan yang kebanjiran, ia mengatakan pemindahan ke lokasi yang tidak banjir dilakukan apabila terjadi kerusakan.

"Gak ada pemindahan kantor karena selama tidak terjadi kerusakan tidak akan dipindah," kata dia.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper