Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pintu Air Depok Siaga I, Jakarta Waspada

Hujan di Kota Depok sejak Rabu (30/1/2014) malam membuat permukaan air Sungai Ciliwung di wilayah tersebut naik hingga mencapai 380 cm atau siaga satu.

Bisnis.com, DEPOK--Hujan di Kota Depok sejak Rabu (30/1/2014) malam membuat permukaan air Sungai Ciliwung di wilayah tersebut naik hingga mencapai 380 cm atau siaga satu.

"Warga Jakarta yang tinggal di dekat daerah aliran sungai harus waspada dengan ketinggian air Sungai Ciliwung," kata petugas pemantauan ketinggian air Ciliwung di Jembatan Panus Depok Ardi, kepada Antara, Kamis, (30/1/2014).

Menurut dia, rumah warga Jakarta yang berada di bantaran Sungai Ciliwung pada Kamis siang diperkirakan akan mengalami kebanjiran karena air dari Depok akan masuk Jakarta dalam waktu enam sampai delapan jam.

"Ketinggian air Ciliwung mencapai 380 cm pada pukul 04.00 WIB," katanya.

Sedangkan ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa Bogor juga mengalami peningkatan pada Rabu (29/1) hingga pukul 23.26 WIB mencapai 220 sentimeter, sehingga petugas memberlakukan situasi siaga satu banjir di wilayah yang dilalui sungai ini.

Ardi mengatakan debit air di Sungai Ciliwung bisa serta-merta naik dengan cepat tergantung pada curah hujan, apalagi kalau di Bogor intensitas hujan tinggi maka ketinggian air akan naik.

Ketinggian air ini harus tetap diwaspadai, terutama warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai karena cuaca di Kota Depok masih hujan gerimis.

Hujan di daerah Bogor, menurut Ardi, sangat berpengaruh terhadap ketinggian air Ciliwung. Biasanya air dari Bogor sampai ke Depok dalam waktu 3,5 jam, paparnya.

Menurut dia, selama musim hujan dan status siaga ini, petugas di pintu air Depok terus melakukan koordinasi dengan petugas di Bendungan Katulampa, Bogor, serta petugas di pintu air Manggarai.

Sementara itu, pantauan tinggi muka air di Pusdalops BPBD DKI Jakarta di pintu air Depok, pada pukul 02.35 WIB mencapai 350 cm/M (siaga I); pukul 03.00 WIB: 360 cm/M (siaga I); pukul 03.15 WIB: 370 cm/M (siaga I); pukul 03.30 WIB: 380 cm/M (siaga I); pukul 04.00 WIB: 380 cm/M (siaga I).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : editor
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper