Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Percepat Pembangunan 3 Waduk Pondok Ranggon

Pembangunan tiga waduk di Pondok Ranggon Kecamatan Cipayung Jakarta Timur seluas 19 hektare (ha) dipercepat menjadi hanya tiga bulan atau lebih cepat dari target sebelumnya enam bulan. Artinya pada Juni mendatang sudah bisa difungsikan sebagai tandon air penanggulangan banjir
Jokowi melihat lokasi Waduk Pondok Ranggon/Antara
Jokowi melihat lokasi Waduk Pondok Ranggon/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Pembangunan  tiga waduk di Pondok Ranggon Kecamatan Cipayung Jakarta Timur seluas 19 hektare (ha) dipercepat menjadi hanya tiga bulan atau lebih cepat dari target sebelumnya enam bulan. Artinya pada Juni mendatang sudah bisa difungsikan sebagai tandon air penanggulangan banjir

 Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan waduk tersebut berfungsi mengurangi banjir di wilayah Halim, Cipinang, Kelapa Gading dan sekitarnya.

"Target tiga bulan tiga-tiganya. Kemarin target enam bulan keliru, kelamaan," katanya disela-sela meninjau proyek waduk, Rabu (19/3/2014).  

Sedikitnya delapan unit alat berat sudah bekerja menggali tanah berwarna merah yang berada di lembah Pondok Ranggon tersebut. Progresnya sudah mencapai kedalaman 3 meter sampai 4 meter dari rencana kedalaman mencapai 7 meter oleh karena itu diharapkan lebih cepat

Jokowi menjelaskan pekerjaan tiga waduk dimulai awal bulan ini namun masih ada beberapa tanah yang belum dibebaskan. Ketiga waduk diberi nama Pondok Ranggon 1, Pondok Ranggon 2 dan Pondok Ranggon 3, luasnya masing-masing 11,5 ha, 5 ha, dan 2 ha. 

 Pemprov mengharapkan lokasi tersebut bisa menampung air sebanyak 950.000 meter kubik dengan rincian kurang lebih 550.000 meter kubik, 250.000 meter kubik dan 150.000 meter kubik. Jokowi menilai kapasitas tersebut bisa mengurangi banjir yang sering melanda Jakarta Timur dan Jakarta Utara terutama aliran sungai Sunter. "Yang penting pada waktu hujan Desember nanti sudah berfungsi."

Adapun pengembangan taman dan fasilitas lainnya belum dapat diselesaikan dalam waktu dekat. Seperti taman dan ruang terbuka hijau seperti rekreasi keluarga Waduk Pluit dan Ria-Rio kemungkinan baru bisa diselesaikan pada akhir tahun.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper