Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FESTIVAL LITTLE TOKYO: Jakarta Kizuna Ekiden Diikuti 200 Regu

DKI menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang akan menghelat kompetisi lari estafet jarak jauh bernama Jakarta Kizuna Ekiden. Kegiatan ini merupakan bagian dari Festibal Little Tokyo Ennichisai Blok M 2014.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - DKI menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang akan menghelat kompetisi lari estafet jarak jauh bernama Jakarta Kizuna Ekiden. Kegiatan ini merupakan bagian dari Festival Little Tokyo Ennichisai Blok M 2014.

Ajang lomba itu dilakukan secara beregu pada esok hari ini (25/5/2014). "Ini asalnya dari Jepang. Di Asia baru pernah di China, Asia Tenggara pertama kali di Jakarta," kata Ketua Komite Ennichisai 2014, Takeya Daisei sebagaimana dikutip laman Pemprov DKI beritajakarta.com, Sabtu (24/5/2014).

Lomba lari ini diikuti sekitar 200 regu dan akan dimulai pukul 06.00 WIB. Masing-masing tim terdiri dari empat orang gabungan warga negara Indonesia (WNI) dan Jepang. Peserta wajib menempuh 12,5 km di wilayah Melawai dan Blok M, Jakarta Selatan.

Jarak tempuh itu dibagi untuk tiga orang pelari masing-masingnya sekitar 2,5 kilometer. Rute terjauh akan dilakoni pelari terakhir sepanjang 5 km. Pemenang adalah enam regu yang pertama kali menyentuh garis finish.

"Ekiden memang sifatnya bukan seperti acara olahraga yang mengejar prestasi. Lomba ini bertujuan mempererat hubungan antar Jepang dan Indonesia," kata Wali Kota Jakarta Selatan, Syamsuddin Noor.

Ekiden dilakukan masyarakat Jepang sejak 1917 untuk memperingati perpindahan ibu kota kekaisaran dari Kyoto ke Tokyo. Para pelari menempuh jarak 500 km pada saat itu.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper