Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dekranasda DKI Tempatkan Produk UKM di Mal

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta akan menempatkan pusat kerajinan di pusat perbelanjaan laiknya tenant merek terkenal sebagai upaya agar produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mudah dijamah.

Bisnis.com, JAKARTA--Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta akan menempatkan pusat kerajinan di pusat perbelanjaan laiknya tenant merek terkenal sebagai upaya agar produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mudah dijamah.

Wakil Ketua Dekranasda DKI Veronica Basuki Tjahaja Purnama mengatakan produk UMKM akan disejajarkan melalui Jakarta Craft Center yang penempatannya di pusat belanja.

"Akan ada push card beberapa mal dulu untuk [produk UMKM] ditaruh di Jakarta Craft Center," ujarnya kepada Bisnis di Balai Kota, Kamis (12/6/2014).

Selain melakukan pelatihan bagi para pengrajin, pihaknya juga merasa promosi adalah bagian dari tugas Dekranasda DKI sehingga bagaimana caranya membuat pengrajin menghasilkan produk yang memiliki daya jual.

"Sebagai media kita harus mempromosikan. Kita harus membuat perusahaan-perusahaan mau membeli," tutur istri Plt. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama itu.

Lebih lanjut, munculnya Jakarta Craft Center akan menjadi batu loncatan berikutnya bagi produk UMKM. Setelah pada 2 tahun terakhir mendapat ruang dalam acara Jakarta Fashion and Food Festival dan Festival Jakarta Great Sale (FJGS).

Di samping itu, potensi juga terlihat dari acara perlombaan bernama Jakarta Souvenir Design yang menjaring karya dari anggota Dekranasda hingga pelajar.

Oleh karena itu, akan ada loncatan selanjutnya untuk lebih memperkenalkan produk UMKM.

"Kita mulai bicara implementasinya ke depan seperti apa. Enggak bisa stop seperti ini," katanya.

Dia mengatakan dari sekira 400 pengrajin, 70 di antaranya saat ini memamerkan karyanya di Emporium Pluit Mall, Grand Indonesia, Plaza Semanggi dan Kalibata City selama gelaran acara FJGS 2014.

Dalam waktu dekat akan dibuat Jakarta Craft Center di tempat lain dengan menggandeng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper