Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dipantau Mendag, Harga Sembako di Pasar Klender Stabil

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memantau harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Tradisional Klender, Jakarta Timur, Selasa (8/7/2014).
Abdalah Gifar
Abdalah Gifar - Bisnis.com 08 Juli 2014  |  20:54 WIB
Dipantau Mendag, Harga Sembako di Pasar Klender Stabil
Penjualan sembako. Harga stabil karena dipantau Mendag - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memantau harga kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Tradisional Klender, Jakarta Timur, Selasa (8/7/2014).

Berdasarkan pantauannya secara langsung, memasuki minggu ke-2 bulan puasa atau H-20 Lebaran, harga kebutuhan pokok masih terpantau stabil jika dibandingkan Jumat (4/7/2014) lalu.

Khusus untuk harga komoditas pangan segar hortikultura yang pada Lebaran tahun lalu mengalami kenaikan signifikan, saat ini justru cenderung stabil karena banyaknya pasokan dari sentra produksi.

Beberapa komoditas seperti cabe merah keriting, cabe merah besar, dan cabe rawit merah harganya berkisar antara Rp15.000-Rp20.000/kg, sedangkan harga bawang merah dan bawang putih juga terpantau stabil masing-masing sebesar Rp 25.000/kg dan Rp 20.000/kg.

Demikian pula untuk komoditas lainnya seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, kedelai, daging sapi, daging ayam, dan telur ayam ras, harganya terpantau relatif stabil.

“Meskipun harga kebutuhan relatif stabil, namun perlu terus diwaspadai seiring dengan kenaikan permintaan masyarakat yang cukup signifikan terutama menjelang Lebaran nanti,” ungkap Lutfi melalui keterangan pers.

Agar tidak terjadi lonjakan harga yang signifikan menjelang lebaran nanti, Mendag pun mengimbau kepada konsumen untuk menjaga pola konsumsi agar tidak berlebihan saat puasa dan Lebaran.

“Diharapkan kenaikan tersebut masih dalam batas normal karena ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok dipastikan aman hingga lebaran,” tuturnya.

Mendag pun menegaskan akan terus memantau pasokan dan kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang Lebaran 2014.

“Kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait baik di pusat dan daerah, para pelaku usaha, serta asosiasi-asosiasi terkait guna memastikan pasokan bahan kebutuhan pokok,” ujarnya.

Mendag telah memantau harga dan pasokan bahan kebutuhan pokok di berbagai pasar di Jakarta seperti Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Pasar Induk Sayut Mayur Kramat Jati, serta beberapa pasar di daerah lainnya seperti pasar KM 5 dan Pasar Cinde di Palembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendag holtikultura harga pangan
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top