Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PELANTIKAN PRESIDEN JOKOWI-JK: Begini Proses Pengunduran Diri Jokowi

Proses pengunduran diri Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang akan dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober mendatang diklaim tidak mengalami hambatan.
Ilustrasi PILPRES 2014 JOKOWI-JK
Ilustrasi PILPRES 2014 JOKOWI-JK

Bisnis.com, JAKARTA - Proses pengunduran diri Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang akan dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober mendatang diklaim tidak mengalami hambatan.

Mantan Ketua DPRD DKI yang juga menjabat ketua DPD PDIP DKI Boy Bernadi Sadikin mengatakan proses pengunduran diri Jokowi saat ini berjalan lancar.

"Kita enggak ada masalah dengan pengunduran diri Pak Jokowi. Semuanya lancar-lancar saja," katanya seusai menemui Jokowi di Balai Kota, Jumat (29/8/2014).

Boy menyatakan dia berharap Jokowi mengajukan surat pengunduran diri secepatnya. Namun, proses pengunduran diri tersebut tidak dapat serta merta selesai setelah Mantan Walikota Kota Solo itu mengajukan surat ke DPRD.

Anggota DPRD DKI dari fraksi PDIP William Yani menjelaskan proses yang harus dilewati sebelum pengunduran diri Jokowi disetujui dewan antara lain pembentukan tata tertib, pembentukan fraksi, penetapan ketua dan wakil ketua, dan penetapan susunan komisi.

"Saat ini dewan yang baru sedang mengerjakan tata tertib," kata William.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan Jokowi harus segera mengundurkan diri sebelum pelantikan presiden pada 20 Oktober 2014.

Dalam mekanismenya, pengunduran diri itu harus terlebih dulu mendapat persetujuan dari DPRD DKI Jakarta.

Proses pengunduran diri Jokowi diprediksikan akan mengalami hambatan karena proses pembentukan perlengkapan dewan memakan waktu yang cukup lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper