Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PARKIR METER: Kamis Sore Ini (25 September 2014) Dipasang di Jalan Sabang

Dinas Perhubungan DKI Jakarta rencananya akan memasang 11 unit alat parkir meter di Jalan Agus Salim atau Sabang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis sore ini.
Ilustrasi/youtube
Ilustrasi/youtube

Bisnis.com, JAKARTA -- Mulai sore ini, Kamis (25/9/2014) ruas jalan di wilayah Sabang atau Jalan Agus Salim bakal dipasangi alat parkir meter.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta rencananya akan memasang 11 unit alat parkir meter di Jalan Agus Salim atau Sabang, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis sore ini jika perizinannya beres di Kantor Bea Cukai tuntas.

"Kalau tidak ada halangan, hari ini keluar dari bea cukai alatnya. Mudah-mudahan nanti sore nanti bisa dipasang, kalau memang sudah clear semua pengurusannya," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sunardi Sinaga, di Jakarta, Kamis (25/9/2014).

Uji coba parkir meter di Jalan Sabang sendiri, kata Sunardi, akan dilakukan Jumat (26/9).

Ia menuturkan, alat parkir meter buatan Swedia itu memiliki tinggi sekitar 1,6 meter dan sistem kerjanya menggunakan tenaga surya atau matahari .

"Alat ini sudah banyak digunakan di luar negeri. Kalau di Indonesia, mungkin ada kemiripan dengan alat mesin parkir di Jalan Braga Kota Bandung," kata dia.

Menurut dia, tarif parkir meter di Jalan Sabang untuk kendaraan roda empat adalah Rp5 ribu per jam sedangkan roda dua Rp2 ribu per jam.

Menurut dia, setiap kendaraan bermotor yang parkir di Jalan Sabang nantinya harus memasukkan uang koin ke alat parkir meter itu.

"Jadi kalau ada mobil mau parkir di sana, maka tinggal memasukkan sejumlah uang sesuai dengan lamanya ia parkir di sana. Kalau dua jam berarti Rp10 ribu. Lalu akan keluar print outnya dari alat itu," kata dia.

Apabila mobil tersebut parkir lebih dari waktu yang disepakati, lanjutnya, maka kelebihannya akan dihitung oleh petugas yang ada di sana.

"Jadi print out-nya itu harus ditempel di dashboard mobil agar terpantau oleh petugas di sana. Kalau waktu parkirnya melebihi ketentuan," kata dia.

Ia menambahkan, pihaknya akan menerjunkan 30 orang petugas terkait pelaksanaan uji coba alat parkir meter di Jalan Sabang tersebut.

"Ke-30 orang petugas itu gabungan dari Dishub DKI, pengawasa dan juru parkir yang di sana," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper