Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dekati Idul Adha, Harga Sapi di Jakarta Naik 25%-30%

Harga sapi di DKI Jakarta mendekati hari raya Idul Adha naik sekitar 25% hingga 30% dibandingkan hari-hari biasa.
Sapi siap potong/Bisnis
Sapi siap potong/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA-- Harga sapi di DKI Jakarta mendekati hari raya Idul Adha naik sekitar 25% hingga 30%  dibandingkan hari-hari biasa.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI yang bergerak di bidang bisnis daging sapi PD Dharma Jaya Kusuma Andika mengatakan penaikan ini disebabkan bertambahnya kebutuhan akan hewan ternak tersebut.

"Saat ini di Dharma Jaya kalau sapi dengan berat di bawah 300 kilogram harga per ekornya sekitar Rp12 juta hingga Rp15 juta, sedangkan dengan bobot di atas 300 kilogram harganya per kilo Rp53.500 dikali bobot sapi," ujarnya  saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (30/9/2014).

Berdasarkan penjelasan dari Andika, jumlah sapi yang ditampung PD Dharma Jaya menjelang hari Raya Idul Adha pun melonjak dari jumlah di hari biasa. Saat ini, lanjut Andika, terdapat sekitar 3.000 ekor sapi, sementara saat hari-hari biasa sekitar 700 sapi.

Sapi-sapi yang ditampung PD Dharma Jaya didatangkan dari daerah lain seperti Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura.

"Masyarakat kebanyakan maunya sapi Jawa, yang warnanya putih untuk hewan kurban,"  tegasnya.

Mengenai kebutuhan akan hewan kurban di Ibu Kota, Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Darjamuni mengatakan kebutuhan hewan kurban tahun ini diprediksi mengalami penaikan sekitar 5% hingga 10% dibandingkan tahun lalu.

Pada Idul Adha tahun lalu jumlah hewan yang dipotong mencapai 35.600 ekor dengan rincian sapi sebanyak 8.091 ekor, kerbau 100 ekor, kambing 26.110 ekor, dan domba 1.299 ekor.

Adapun  jumlah hewan yang datang ke Jakarta sebanyak 93.621 ekor yang terdiri dari 23.557 sapi, 295 kerbau, 65.579 kambing, dan 4.190 domba. Hewan-hewan kurban tersebut ditampung di 1.275 lokasi penampungan hewan.

"Kalau tahun ini kemungkinan yang masuk ke Jakarta sekitar 100.000 ekor," tutur Darjamuni.

Untuk menjamin kualitas hewan kurban, Pemprov DKI mengerahkan tenaga pemeriksa kesehatan hewan dan daging sebanyak 706 personel yang berasal dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jakarta, Kementrian Pertanian., dan suku Dinas Kelautan dan Pertanian DKI.

Masyarakat diimbau agar membeli hewan kurban yang telah diberi stiker oleh Dinas Kelautan dan Pertanian DKI di tempat penampungan hewan yang berada di kawasan Rumah Pemotongan Hewan (RPH), seperti Pasar Ternak Cakung, RPH Pulogadung, dan lokasi yang ditetapkan oleh Lurah setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper