Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Bakal Perbanyak Jumlah Rumah Singgah bagi ODMK

Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana untuk melakukan ekspansi terhadap Unit Informasi dan Layanan Sosial (UILS) sebagai tempat singgah penanganan Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK)
 Ahok/
Ahok/

Bisnis.com, Jakarta- Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berencana untuk melakukan ekspansi terhadap Unit Informasi dan Layanan Sosial (UILS) sebagai tempat singgah penanganan Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK).

Pria yang kerap disapa Ahok ini menjadikan UILS Rumah Kita di kecamatan Tebet yang juga satu-satunya rumah singgah bagi ODMK di Jakarta sebagai inkubator rehabilitasi yang kedepannya dapat dikembangkan.

Ahok berharap akan banyak pekerja sosial yang turut membantu program ini sehingga UILS dapat bertambah jumlahnya.

"Yang paling penting, kita ingin buka banyak tapi kita perlu pekerjanya, sehingga berkembang lagi. Intinya kami mau ekspansi ke seluruh Jakarta," ujarya saat menyambangai UILS Rumah Kita di Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014).

Menurutnya ODMK seharusnya diperhatikan oleh lingkungan terdekat seperti keluarga. Pelayanan day care di rumah singgah ini merupakan wujud Pemprov DKI dibantu dengan Kementerian Sosial untuk memenuhi hak-hak penyandang disabilitas. Unit pelayanan ini terbuka bagi siapapun.

"Kalau orang yang ekonominya lemah terus ada di rumah menyandang masalah kejiwaan seperti ini dan ekonominya lemah bisa titipkan di sini," tutur Ahok.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2007 terdapat 14,1% populasi gangguan jiwa berat di Jakarta. Angka ini merupakan yang tertinggi di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper