Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AHOK Berangkatkan 30 Penjaga Masjid Umrah

Pemprov DKI Jakarta memberangkatkan 30 orang pengurus masjid atau marbut di Jakarta untuk menunaikan ibadah umrah selama sembilan hari. Rencananya, puluhan marbut ini diberangkatkan ke Tanah Suci pada 18 Desember 2014.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 16 Desember 2014  |  14:46 WIB
AHOK Berangkatkan 30 Penjaga Masjid Umrah
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berangkatkan 30 orang penjaga haji umrah - beritajakarta.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Pemprov DKI Jakarta memberangkatkan 30 orang pengurus masjid atau marbut di Jakarta untuk menunaikan ibadah umrah selama sembilan hari. Rencananya, puluhan marbut ini diberangkatkan ke Tanah Suci pada 18 Desember 2014.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengatakan semula dirinya berencana untuk memberangkatkan haji para marbut tersebut. Namun, lantaran lamanya waktu menunggu mendapatkan kuota maka dipilih untuk memberangkatkan umrah.

"Kami sih inginnya tiap tahun supaya dia bisa jadi agen-agen agar orang tertarik datang ke masjid," kata Basuki, saat melepas 30 marbut, di Balaikota, Selasa (16/12/2014).

Dikatakan, ini merupakan pengalaman yang kedua kalinya memberangkatkan marbut umrah. Sebelumnya, ketika masih menjabat Bupati Belitung Timur, dirinya juga pernah memberangkatkan marbut ke Tanah Suci.

Anggota Dewan Masjid Indonesia Cabang DKI Jakarta, Agus Sofyan, mengatakan marbut akan didampingi tiga petugas selama sembilan hari menunaikan ibadah umrah.

Marbut yang diberangkatkan umrah ini, kata Agus, sebelumnya telah menjalani proses seleksi. Syarat yang harus dipenuhi di antaranya telah mengabdi selama lebih dari 10 tahun, menguasai 10 surat Al-quran, serta bisa menggantikan imam. Rata-rata marbut yang berangkat telah berusia di atas 30 tahun.

"Proses seleksi dimulai sejak November di kantor Dewan Masjid Islamic Center. Jadi kita punya DMI kecamatan. Nah dari situ merekomendasikan masing-masing marbut empat orang. Jadi diseleksi di tingkat wilayah lalu di tingkat DKI," ujarnya.

Tahun depan jumlah marbut yang diberangkatkan umrah bertambah, yakni mencapai 50-60 orang. Marbut di Jakarta jumlahnya mencapai 3.145 orang, yang menjaga 3.000-an masjid.

"Harapannya semakin mempererat antara Pemda, Dewan Masjid, dan marbut DKI," ungkapnya. (Bisnis.com)

 BACA JUGA:

Analisis DNA Ubah Kuda Kuno Jadi Kuda Modern

FINAL PIALA AFF 2014: Prediksi Malaysia Vs Thailand, Ini Strategi Harimau Malaya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ahok

Sumber : Beritajakarta.com

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top