Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AHOK Berangkatkan 30 Penjaga Masjid Umrah

Pemprov DKI Jakarta memberangkatkan 30 orang pengurus masjid atau marbut di Jakarta untuk menunaikan ibadah umrah selama sembilan hari. Rencananya, puluhan marbut ini diberangkatkan ke Tanah Suci pada 18 Desember 2014.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berangkatkan 30 orang penjaga haji umrah/beritajakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berangkatkan 30 orang penjaga haji umrah/beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA— Pemprov DKI Jakarta memberangkatkan 30 orang pengurus masjid atau marbut di Jakarta untuk menunaikan ibadah umrah selama sembilan hari. Rencananya, puluhan marbut ini diberangkatkan ke Tanah Suci pada 18 Desember 2014.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengatakan semula dirinya berencana untuk memberangkatkan haji para marbut tersebut. Namun, lantaran lamanya waktu menunggu mendapatkan kuota maka dipilih untuk memberangkatkan umrah.

"Kami sih inginnya tiap tahun supaya dia bisa jadi agen-agen agar orang tertarik datang ke masjid," kata Basuki, saat melepas 30 marbut, di Balaikota, Selasa (16/12/2014).

Dikatakan, ini merupakan pengalaman yang kedua kalinya memberangkatkan marbut umrah. Sebelumnya, ketika masih menjabat Bupati Belitung Timur, dirinya juga pernah memberangkatkan marbut ke Tanah Suci.

Anggota Dewan Masjid Indonesia Cabang DKI Jakarta, Agus Sofyan, mengatakan marbut akan didampingi tiga petugas selama sembilan hari menunaikan ibadah umrah.

Marbut yang diberangkatkan umrah ini, kata Agus, sebelumnya telah menjalani proses seleksi. Syarat yang harus dipenuhi di antaranya telah mengabdi selama lebih dari 10 tahun, menguasai 10 surat Al-quran, serta bisa menggantikan imam. Rata-rata marbut yang berangkat telah berusia di atas 30 tahun.

"Proses seleksi dimulai sejak November di kantor Dewan Masjid Islamic Center. Jadi kita punya DMI kecamatan. Nah dari situ merekomendasikan masing-masing marbut empat orang. Jadi diseleksi di tingkat wilayah lalu di tingkat DKI," ujarnya.

Tahun depan jumlah marbut yang diberangkatkan umrah bertambah, yakni mencapai 50-60 orang. Marbut di Jakarta jumlahnya mencapai 3.145 orang, yang menjaga 3.000-an masjid.

"Harapannya semakin mempererat antara Pemda, Dewan Masjid, dan marbut DKI," ungkapnya. (Bisnis.com)

 BACA JUGA:

Analisis DNA Ubah Kuda Kuno Jadi Kuda Modern

FINAL PIALA AFF 2014: Prediksi Malaysia Vs Thailand, Ini Strategi Harimau Malaya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : Beritajakarta.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper