Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Stasiun Senen Padat Pemudik

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Stasiun Senen Padat Pemudik
Ilustrasi/Jibiphoto
Ilustrasi/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2015,  Stasiun Pasar Senen mulai dipadati pemudik yang ingin pulang kampung. Tujuan pemudik umumnya ke sejumlah kota, seperti Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang.

Pantuan beritajakarta.com, sejak pagi ribuan calon penumpang mulai berdatangan ke Stasiun Pasar Senen. Mereka sengaja datang lebih awal karena khawatir ketinggalan kereta api.

Lamanya menunggu kereta api datang ditambah minimnya fasilitas membuat sebagian pemudik terlihat kelelahan. Bahkan beberapa anak balita menangis karena kepanasan.

Agusalim(40), warga Cikarang, Kabupaten Bekasi, berencana pulang kampung ke Kota Malang, Jawa Timur. Dia sengaja datang lebih awal karena takut ketinggalan kereta api.

"Saya sudah sampai stasiun sejak jam 11.00. Tiket saya berangkatnya jam 17.00. Kalau saya gak antre dari awal, saya bisa telat. Soalnya pas saya datang sudah seperti ini penuhnya," ujar Agusalim, Selasa (23/12).

Sementara itu, pemudik lainnya, Khusnul (54), tampak sibuk menenangkan anaknya yang mulai rewel karena kepanasan. Dia mengaku sudah tiga jam berada di Stasiun Pasar Senen.

"Sudah antre tiga jam lebih di sini. Rencananya mau tahun baruan di Yogyakarta. Anak saya rewel minta pulang, soalnya di sini panas dan gerah banget," kata Khusnul.

Wakil Kepala Humas Daerah Operasional I (Daops) PT Kereta Api Indonesia (KAI), Mulyanto mengatakan, pemudik umumnya telah membeli tiket secara online sejak beberapa hari yang lalu dan menukarkan bukti pembelian tiket beberapa saat sebelum berangkat ke kota tujuan.

Terkait membeludaknya jumlah pemudik, kata Mulyanto, sudah menjadi pemandangan biasa menjelang liburan akhir tahun. Sebab saat ini banyak warga yang memilih kereta api sebagai sarana transportasi favorit untuk mudik ke kampung halamannya.

"Ini sudah biasa. Belum bisa dikatakan membeludak. Hanya memang di boarding pass kita minta penumpang satu jam lebih awal datang sebelum kereta berangkat," ujar Mulyanto.

Mulyanto memprediksi, lonjakan pemudik di Stasiun Pasar Senen akan terjadi pada tanggal 23,24 dan 25 Desember. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan berlangsung tanggal 3,4, dan 5 Januari mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Berita Jakarta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper