Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Depok Kejar Target Pemasangan 1.000 Lampu Jalan

Dinas Perhubungan Kota Depok membutuhkan anggaran Rp10 miliar guna mempercepat penyelesaian target pembangunan 1.000 unit penerangan jalan umum (PJU) setiap tahunnya.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 27 Januari 2015  |  22:29 WIB
Sejumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) tidak berfungsi di pertigaan jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Senin (26/1). - Antara
Sejumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) tidak berfungsi di pertigaan jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Senin (26/1). - Antara

Bisnis.com, DEPOK- Dinas Perhubungan Kota Depok membutuhkan anggaran Rp10 miliar guna mempercepat penyelesaian target pembangunan 1.000 unit penerangan jalan umum (PJU) setiap tahunnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Gandara Budiana mengatakan PJU yang sudah terpasang di beberapa ruas jalan kota tersebut saat ini baru mencapai sekitar 40%.

"Kebutuhan ideal PJU untuk seluruh kawasan di Kota Depok mencapai 15.000 unit, artinya kami harus mengejar kekurangan sekitar 9.000 unit lagi yang belum terpasang," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (27/1/2015).

Dishub Kota Depok berharap kebutuhan pemasangan PJU untuk seluruh kawasan di daerah seluas 200,29 kilometer dan panjang jalan 517,72 kilometer itu sepenuhnya bisa terealisasikan dalam sembilan tahun ke depan.

Akan tetapi, pihaknya menilai terdapat beberapa ruas jalan yang perlu diprioritaskan untuk pemasangan PJU itu yakni di beberapa jalan utama antara lain kawasan Jalan Juanda, Margonda, Sawangan, Arif Rahman Hakim, Jalan Jakarta-Bogor dan jalan lainnya.

Gandara mengungkapkan dalam waktu dekat ini pihaknya akan berkoordinasi dengan Wali Kota dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Depok guna membicarakan penambahan anggaran PJU tersebut.

Dia juga menambahkan pada 2014 pihaknya memeroleh dana Rp5,3 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD) Pemkot Depok guna membangun 559 unit PJU di jalan utama dan 110 unit di jalan lingkungan warga.

"Untuk tahun ini, kami berharap pemasangan PJU akan lebih cepat dan lebih banyak ketimbang tahun lalu. Karena target tahun ini juga cukup tinggi," paparnya.

"Kami punya target untuk mengimplementasikan program Depok Caang [Depok Menyala] untuk pemasangan PJU 500-1.000 unit per tahun. Tentu, apabila anggaran ada, pelaksanaan program tersebut bakal dikebut," ujarnya lagi.

Menurutnya, selain untuk mempercepat pemasangan PJU, kebutuhan anggaran tersebut akan digunakan untuk pembenahan sekitar 400 PJU yang mengalami kerusakan.

Dia menyatakan kerusakan PJU tersebut dinilai cukup parah sehingga tidak berfungsi dengan kondisi lampu pecah, kabel terputus, bahkan beberapa kabel panel PJU banyak yang hilang. (Bisnis.com)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dprd depok
Editor : Andhina Wulandari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top