Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perekonomian Jakarta Unggul, Peluang Kerja Masih Terbuka

Ibu Kota mengungguli kota-kota di Amerika Serikat sebagai kota dengan perekonomian terbaik. Jakarta berada di posisi 34 dari 300 kota di seluruh dunia menurut The Brookings Institution & JPMorgan Chase.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 28 Januari 2015  |  09:04 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Ibu Kota mengungguli kota-kota di Amerika Serikat sebagai kota dengan perekonomian terbaik. Jakarta berada di posisi 34 dari 300 kota di seluruh dunia menurut The Brookings Institution & JPMorgan Chase.

The Brookings Institution & JPMorgan Chase memantau pertumbuhan ekonomi yang unggul. Selain itu, Jakarta mengalami pertumbuhan lapangan pekerjaan pada 2013-2014 sebesar 2,6%.

Sekretaris Jenderal Dewan Buruh DKI Muhammad Toha menuturkan lapangan kerja di Ibu Kota tidak mengalami pengurangan walaupun Upah Minimum Provinsi (UMP) naik setiap tahunnya.

"Secara umum kan normal pertumbuhan lapangan pekerjaan. Pertumbuhan upah di Jakarta sampai 20% itu tidak mengurangi lapangan kerja," katanya, Rabu (28/1/2015).

Dia melihat kebutuhan masyarakat untuk mengkonsumsi produk semakin tinggi yang dipengaruhi oleh tingkat upah justru akan meningkatkan penyerapan produk yang tinggi pula. Hal ini yang menyebabkan ketersediaan lapangan pekerjaan selalu ada di Ibu Kota.

Pertumbuhan pengupahan relatif pada porsinya mendorong konsumerisme tinggi, tingkat penyerapan produk semakin tinggi untuk membuka lapangan kerja, ujarnya.

The Brookings Institution & JPMorgan Chase mendaulat Macau sebagai kota dengan ekonomi terbaik sedunia. Selain itu, kota-kota di Turki dan Tiongkok mendominasi urutan teratas, sedangkan Bangkok berada di posisi buncit.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lowongan kerja
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top