Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jika Ada Duit, Pemprov DKI Ingin Beli Jalan Tol se-Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyiapkan berbagai jurus mengurai kemacetan. Termasuk, membeli seluruh jalan tol di Ibu Kota.
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 31 Januari 2015  |  22:35 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - beritajakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyiapkan berbagai jurus mengurai kemacetan. Termasuk berangan-angan membeli seluruh jalan tol di Ibu Kota.

Namun begitu, Ahok menyatakan jalan tol tidak akan bisa mengatasi kemacetan. Dia menganggap penerapan sistem jalan berbayar (electronic road pricing/ERP) lebih efektif.

"Kalau ada duit, gue beli semua tol dalam kota. Pokokny nggak ada lagi cerita [jalan] tol. Semua [terapkan sistem] ERP," ujarnya usai memberi sambutan dalam acara Workshop Rencana Kerja dan Anggaran Bank DKI di Putri Duyung Resort, Ancol, Sabtu (31/1/2015).

Ahok menganggap sistem ERP dapat menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD) secara drastis sekaligus mengatur volume kendaraan. Sebagai gambaran, dia menyebut saat volume kendaraan tinggi, pemda bisa menaikkan tarif yang dibebankan.

Seperti diketahui, jalan tol di Jakarta dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Jasa Marga. Alhasil, meskipun berada di wilayah Ibu Kota, kemacetan menuju di dalam dan di luar jalan tol tidak dapat dikendalikan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol pernyataan ahok
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top