Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Isu Bakteri, Penjualan Apel di Pasar Ciputat Anjlok

Penjualan buah apel di pasar tradisional Ciputat, Tangerang Selatan anjlok sejak marak diberitakan apel impor dari California, Amerika Serikat mengandung bakteri membahayakan kesehatan manusia.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 01 Februari 2015  |  16:20 WIB
Pedagang merapikan buah apel impor - Ilustrasi/JIBI Photo
Pedagang merapikan buah apel impor - Ilustrasi/JIBI Photo

Bisnis.com, TANGSEL-Penjualan buah apel di pasar tradisional Ciputat, Tangerang Selatan anjlok sejak marak diberitakan apel impor dari California, Amerika Serikat mengandung bakteri membahayakan kesehatan manusia.

Buah apel asal California Amerika Serikat jenis Grenny Smith dan Gala itu diduga mengandung bakteri listeria monocytogenes, yang dapat menyebabkan seseorang demam tinggi, sakit kepala, mual, hingga rasa pegal pada tubuhnya.

Khodijah, pedagang buah Pasar Ciputat, mengaku tidak pernah menjual dua jenis apel impor dari California AS yang sekarang rame diberitakan media massa dan telah ditarik dari peredaran di dalam negeri karena mengandung bakteri.

“Tetapi, dampak dari pemberitaan tentang dua jenis apel California tersebut, buah apel jenis yang lain, termasuk apel lokal dari Malang, terkena dampaknya sehingga penjualannya turun drastis,” katanya, Minggu (1/2/2015).

Menurutnya, berberapa jenis apel yang dijual di pasar tradisional Ciputat sesungguhnya aman dikonsumsi, karena tidak ada kaitannya dengan dua jenis apel impor yang mengandung bakteri tersebut.

Sebab, buah apel yang jual semua aman dikonsumsi karena berasal dari Washington AS dan Mandarin China serta apel lokal Malang yang rasanya tidak kalah dengan apel impor.

Dia menjelaskan sebelum rame diberitakan apel impor bermasalah itu penjualan apelnya rata-rata mencapai sekitar 5-10 kg per hari. Tetapi, sekarang anjlok dan bisa menjual 2 kg saja cukup lumayan, harga Rp14.000-Rp15.000 per kg.

Untuk itu para pedagang buah berharap masyarakat tidak khawatir membeli buah apel, karena yang dijual di pasar tradisional Ciputat tidak ada yang mengandung bakteri yang kini rame dibahas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ciputat tangerang selatan Apel Impor
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top