Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir 2 Meter Rendam Perumahan di Kota Tangerang

Sejumlah sungai dan kali yang ada di Kota Tangerang meluap akibat hujan deras yang mengguyur wilayah ini sejak Minggu (8/2/2015) dini hari.
Banjir juga melanda Kota Bekasi, Senin (9/2/2015)/Twitter Polda Metro Jaya
Banjir juga melanda Kota Bekasi, Senin (9/2/2015)/Twitter Polda Metro Jaya

Bisnis.com, TANGERANG - Sejumlah sungai dan kali yang ada di Kota Tangerang meluap akibat hujan deras yang mengguyur wilayah ini sejak Minggu (8/2/2015) dini hari.

Beberapa perumahan seperti Wisma Harapan dan Total Persada tergenang air sedalam 60 cm - 2 meter. Berdasarkan pantauan di lapangan, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin turun ke lapangan membantu para petugas mengevakuasi korban banjir.

Wakil Walikota ditemani oleh Dandim 0506 Tangerang, meninjau turap Kali Ledug. Turap dengan tinggi hampir 3 meter tersebut sudah rata dengan permukaan air.

“Genangan yang terjadi di perumahan Total Persada selain disebabkan oleh hujan deras juga karena topografi perumahan Total Persada yang lebih rendah dibanding daerah lain,” ujarnya, Senin (9/2/2015).

Berdasarkan pengamatan di lapangan, kondisi genangan terjadi di empat RW di wilayah Priuk yakni RW 4 perumahan Purati dengan ketinggian 70 cm -100 cm, dengan jumlah warga yang terkena dampak banjir sebanyak 36 kepala keluarga.

Kemudian RW 10 Alamanda dengan penduduk terkena dampak 57 KK atau 107 jiwa mengungsi ke posyandu. Adapun perumahan Total Persada meliputi RW07 dan 08 dengan ketinggian air mencapai 2 meter, dengan jumlah warga yang mengungsi sekitar 900 KK. 

Pada kesempatan ini, Pemerintah Kota Tangerang telah mendistribusikan 1.000 nasi bungkus, 50 karung beras, 50 dus mie instan, dan 50 dus air mineral.

“Untuk perahu khusus di perumahan Total Persada kami siapkan empat unit,” ujar Sachrudin.

Menurutnya, pemberian bantuan masih dikonsentrasikan untuk wilayah Priuk, karena banjir yang timbul lebih parah ketimbang daerah lain. Adapun banjir yang terjadi di wilayah lain seperti Petir atau Ciledug Indah sifatnya masih genangan.

Wakil Wali Kota juga menjelaskan pihaknya telah menyiagakan personil serta cadangan logistik untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi termasuk munculnya bencana banjir di beberapa titik lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper