Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMBEGAL BERGENTAYANGAN: Inilah Sepak Terjang Kelompok Lampung

Aksi begal makin menakutkan warga di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).
Pengendara sepeda motor menembus hujan deras./Ilustrasi-JIBI Photo
Pengendara sepeda motor menembus hujan deras./Ilustrasi-JIBI Photo

Bisnis.com, JAKARTA - Aksi begal makin menakutkan warga di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Para kawanan pelaku begal tidak hanya mengincar sepeda motor, namun juga sang pemilik kendaraan. Bahkan tidak sedikit nyawa melayang di tangan pembegal.

Yang terbaru, menimpa Rihad Wiranto (mantan Pemimpin Redaksi Jurnas.com) di jalan layang Klender, Jakarta Timur pada 24 Februari.

BACA: 4 Kelompok Pembegal Bergentayangan di Wilayah Jabodetabek

Berdasarkan kejadian yang terjadi di wilayah Jabodetabek, ada 4 kawanan pembegal yang terdeteksi gencar beraksi. Bagaimana siapa terjang mereka? Berikut ini jejak rekam Kelompok Lampung:

Ciri khas kelompok ini ialah tak segan memuluskan aksi mereka dengan mengacungkan senjata tajam. Bahkan, kelompok ini dengan enteng melukai korban bila melawan dan berniat menggagalkan aksi mereka.

Kelompok ini tak terorganisasi dan biasanya berbentuk kecil dengan anggota empat-lima orang. Motif utama mereka ialah desakan ekonomi lantaran upaya mengadu nasib di Ibu Kota tidak berhasil.

1. Begal Sepeda Motor Kos

Tiga begal sepeda motor diringkus di Jalan Kincir Koja, Jakarta Utara, pada Mei 2014. Mereka bernama Kenni alias Bagas, Gani alias Meku, dan Komeng. Spesialisasi Kelompok Lampung yang satu ini ialah menggondol sepeda motor di rumah kos. Aksi mereka antara lain dilakukan di Jakarta Utara sebanyak delapan kali, Jakarta Timur tujuh kali, dan Bekasi lima kali.

2. Rekrut ABG Jadi Anggota Begal

Kelompok Lampung di Depok terdiri atas tujuh orang. Lima di antaranya sudah ditangkap Kepolisian Daerah Metro Jaya. Menariknya, Kelompok Lampung ini tak segan mengajak siswa sekolah menengah kejuruan untuk masuk dalam jaringan. Mereka mengiming-imingi pendapatan yang besar kepada anak baru gede itu.

Salah satu aksi sadis begal motor dari Kelompok Lampung ini menewaskan Bambang Syarif Hidayatullah, 23 tahun, di Jalan Juanda, Depok. Kejahatan itu terjadi pada 5 Januari 2015. Barang milik Kelompok Lampung yang disita kepolisian setelah mereka ditangkap antara lain 16 senjata rakitan, 46 butir peluru, 4 senjata tajam, 1 pisau komando, 3 ponsel, dan 1 televisi. Selain itu, 26 kendaraan bermotor ikut disita sebagai bukti hasil kejahatan mereka.

3. Ancam Korban, Begal Tak Segan Lukai Korban

Kelompok Lampung di Bekasi tergolong sadis dalam beraksi. Mereka beranggotakan 13 orang. Ciri kelompok ini adalah selalu membawa senjata api dan menembak ke udara jika kepergok. Bahkan, bila terdesak, mereka akan melepaskan tembakan mematikan kepada korban.

Identitas anggota kelompok ini yang terungkap ialah AS, 34 tahun; DM, 29 tahun; CS, 33 tahun; dan IH, 21 tahun. Mereka diringkus di Karawang saat akan menjual Honda Beat yang dicuri di Cikarang Selatan. Kelompok ini juga pernah gagal mengambil motor Jupiter MX kendati sudah melepaskan tembakan ke dada kiri korban di Jalan Pulo Siri Barat Raya, Jakasetia, Bekasi.

Polisi yang menyelidiki kasus ini menembak mati tiga anggota Kelompok Lampung, sedangkan sepuluh lainnya diringkus. Polisi menyita empat senjata api rakitan milik para tersangka asal Lampung ini.

4. Tembak Mati Wartawan TVRI

Djuli Ervano, wartawan TVRI, ditembak kelompok begal sepeda motor pada 17 Maret 2012. Djuli tewas setelah tertembak di dada kirinya. Ketika itu, Djuli memergoki dua orang yang berusaha mencuri sepeda motor di depan rumahnya di Vila Bintaro Indah Blok B3 Nomor 2A, Jombang, Tangerang Selatan. Ia sempat dilarikan ke Rumah Sakit EMC Bintaro, Tangerang Selatan, tapi nyawanya tidak tertolong.

Polisi baru bisa meringkus penembak Djuli delapan bulan kemudian. AR alias RD, 26 tahun, eksekutor penembakan Djuli Ervano, mati didor polisi karena mencoba melarikan diri. Dalam operasi itu, polisi menangkap tersangka dengan inisial RN, HR, dan CN. Mereka disebut sebagai komplotan begal motor dari Kelompok Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper