Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banyak Begal Mengincar Korban di Jalanan Ibu Kota

Kasus pembegalan marak terjadi di jalanan ibu kota DKI Jakarta. Korban mulai berjatuhan.
Dua orang pelaku begal (dilingkari) dengan modus copot kunci yang beraksi di kawasan Gandaria/Youtube
Dua orang pelaku begal (dilingkari) dengan modus copot kunci yang beraksi di kawasan Gandaria/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus begal masih menjadi momok di  DKI Jakarta. Kasus terbaru menimpa calon siswa (casis) Bintara Polri, Satrio Mukti (18) yang harus bergelut dengan begal hingga jarinya nyaris putus.

Kronologinya, kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (11/5/2024). Saat itu, dia tengah dalam perjalanan untuk mengikuti tes masuk ke Bintara Polri di SMK Media Informatika Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Di tengah perjalanan, Satrio dijegal oleh tiga orang. Awalnya, casis itu sempat duel satu lawan satu dengan pelaku di sekitar Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Singkatnya, seusai memenangkan duel, Satrio dikeroyok oleh pelaku lainnya dengan membawa senjata tajam. Akibatnya, jari kelingking Satrio mengalami luka parah dan hampir putus.

Sejauh ini, Polisi telah mengamankan lima orang dalam kasus ini. Tiga di antaranya berinisial PN, AY dan MS sebagai pelaku begal. Sementara, dua lainnya C dan W berperan sebagai penjual motor dan penadah.

Selain kasus Satrio, Bisnis telah menghimpun sejumlah kasus begal yang terjadi di Jakarta selama beberapa bulan terakhir, antara lain :

1. Kasus Cempaka Putih

Kasus ini terjadi pada (23/2/2024). Kala itu, ibu rumah tangga berinisial RS menjadi korban begal di Halte TransJakarta Cempaka Putih. RS pasrah dan ponselnya raib diambil pelaku begal yang membawa sepeda motor.

Pasalnya, RS tidak mampu melakukan perlawanan terhadap pelaku karena terdapat satu pelaku yang mengacungkan senjata tajam. Singkatnya, suami RS langsung melaporkan kejadian itu ke kantor Polisi.

2. Begal di Tamansari di Jakbar

Polres Metro Jakarta Barat mengamankan empat pelaku dalam kasus pencurian dengan kekerasan atau begal terhadap WNA di Tamansari Jakarta Barat.

Keempat pelaku ktu di antaranya, CF (22) dan MJA (28) sebagai joki sepeda motor, ASH (24) melakukan kekerasan menggunakan celurit, dan ADR (21) berperan melukai korban.

Pelaku itu terlibat dalam pembegalan di empat waktu yang berbeda. Pertama, untuk laporan pertama pada 12 Desember 2023, kedua 21 Desember 2023, ketiga 31 Januari 2024 dan terakhir pada 18 Februari 2024. Seluruhnya, TKP pembegalan terjadi di Tamansari, Jakarta Barat.

Menurut, Kapolsek Tamansari Polres Metro Jakbar, Adhi Wananda menyampaikan keempat pelaku seringkali menggunakan narkotika saat melakukan aksinya.

"Sasaran mereka adalah anak muda yang sedang menggunakan handphone di pinggir jalan yang sepi, serta orang-orang yang pulang dari tempat hiburan malam," ujarnya Senin (3/4/2024).

3. Penjaringan Jakarta Utara

Berdasarkan keterangan Polisi, kejadian ini terjadi di Jalan Pantai Indah Barat Depan Komplek Toho PIK, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara pada (11/1/2024).

Dalam peristiwa ini, pelaku yang berjumlah empat orang mendekati korban yang tengah bersantai di TKP. Salah satu pelaku, disebut mengeluarkan senjata tajam dan mengambil ponsel korban.

Akibat sabetan celurit, korban mengalami luka di pergelangan tangan kanannya dan langsung mendapatkan perawatan di RSUD Cengkareng Jakarta Barat.

4. Begal Ojol di Jakbar

Dua pelaku berinisial ST (35) dan MS (19) ditangkap karena terlibat pencurian dengan kekerasan kepada driver ojek online. Modusnya, pura-pura pesan jasa ojol.

Peristiwa begal terjadi (25/4/2024) sekitar 03.00 di daerah Taman Alfa Indah, Kelurahan Joglo, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Kejadian bermula ketika driver taksi online berinisial SL (32) sedang menunggu penumpang di daerah Bandara Tangerang. Driver tersebut mendapatkan orderan melalui aplikasi dari pelaku.

Dalam perjalanan, setibanya di perumahan Taman Alfa Indah salah satu pelaku, ST, meminta untuk berhenti karena ingin buang air kecil. Namun, tiba-tiba pelaku lain, MS, menjerat leher korban dengan tali tambang.

Korban berusaha menahan serangan dengan tangan kirinya. Hanya saja, ST menusuk korban dengan pisau tanpa gagang dari arah belakang, melukai dada dan lengan korban.

Korban berhasil melarikan diri dan mencari pertolongan dari security dan warga sekitar. Meskipun kedua pelaku berhasil mengambil mobil korban, mereka akhirnya diamankan oleh security dan warga yang membantu penangkapan.

5. Pademangan Jakut

Peristiwa begal terjadi di Jalan Mangga Dua Raya, Pademangan, Jakarta Utara pada Jumat (16/2/2024) sekitar 04.30 WIB. Pelaku menjalankan aksinya dengan membawa senjata tajam badik dan celurit.

Sajam itu ditodongkan ke korban berinisial FAN (26) dari arah belakang dan meminta ponselnya. Hanya saja permintaan itu tidak diindahkan oleh korban dan memberikan uang sebagai gantinya.

Singkatnya, pelaku tetap memaksa meminta ponsel dan korban melakukan perlawanan. Dalam perlawanan itu, FAN menderita luka bacok dan langsung dibawa ke rumah sakit setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper