Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PROYEK MRT JAKARTA: Sumitomo Corporation Menangkan Tender Kereta Listrik

Setelah melalui proses tender, Sumitomo Corporation akhirnya terpilih sebagai pemenang tender CP 108 untuk rangkaian Rolling Stock alias kereta listrik yang akan digunakan dalam proyek MRT Jakarta.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 03 Maret 2015  |  10:25 WIB
Sumitomo Corporation menangkan tender proyek MRT - ilustrasi
Sumitomo Corporation menangkan tender proyek MRT - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah melalui proses tender, Sumitomo Corporation akhirnya terpilih sebagai pemenang tender CP 108 untuk rangkaian Rolling Stock alias kereta listrik yang akan digunakan dalam proyek MRT Jakarta.

Sumitomo Corporation mengalahkan tiga peserta tender lainnya, yakni Kawasaki-Itochu Consortium, Mitsubishi Corporation, dan Hitachi-Mitsui Consortium.

Informasi dari jejaring sosial twitter resmi milik MRT Jakarta, bahwa penandatanganan akan dilakukan hari ini, Selasa (3/3/2015) di Balai Agung Balaikota DKI Jakarta antara MRT Jakarta dan Sumitomo Corporation sebagai pemenang tender.

Menurut agenda resmi Pemprov DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dijadwalkan akan menyaksikan proses penandatanganan tersebut yang akan dilakukan mulai pukul 10.00 wib.

Penandatanganan kontrak dilakukan oleh Dirut MRTJ Dono Boestami dan Representive Director Sumitomo Corporation Mr. Naoki Hidaka

Proses tender dilakukan sejak pertengahan Februari 2014, dan didampingi oleh konsultan tender Nippon Koei, Co.Ltd yang merupakan lead consultant dari Jakarta Metro Tender Assistance - 2.

Besaran nilai kontrak untuk paket pekerjaan Rolling Stock ini sejumlah JPY 10.835.357.676 dalam porsi Yen atau Rp145.425.714.615.

Sementara, paket lelang CP 108 terdiri dr pengadaan 16 rangkaian kereta dimana satu rangkaian terdiri dr 6 kereta, sehingga total terdapat 96 kereta.

Spesifikasi kereta akan menggunakan standar STRASYA atau Standard Urban Railway System for Asia. Kereta ini didesain untuk beroperasi secara otomatis dengan menggunakan sistem ATO (Automatic Train Operation). Dalam sistem ATO, masinis berfungsi hanya menekan tombol untuk menutup dan membuka pintu serta tombol start.

Sumitomo Corporation sebagai pemenang tender CP 108, harus menyelesaikan pekerjaan mereka dlm waktu 185 minggu terhitung sejak Commencement Date. Dengan ditandatanganinya kontrak CP 108 ini, menjadi bagian penting dalam pelaksanaan dan kemajuan proyek MRT Jakarta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top