Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AHOK VS DPRD DKI: Ini Final Pertandingan Tinju Kata Lulung

Mediasi antara Pemprov DKI dan DPRD DKI soal APBD 2015 berlangsung di kementerian Dalam Negeri, Kamis (5/3/2015)
Lulung Lunggana/Beritajakarta.com
Lulung Lunggana/Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA— Mediasi antara Pemprov DKI dan DPRD DKI soal APBD 2015 berlangsung di kementerian Dalam Negeri, Kamis (5/3/2015).

Wakil Ketua Dewan dari Fraksi PPP Abraham Lulung Lunggana melihat pertemuan ini sebagai final terhadap penentuan APBD DKI Jakarta 2015.

"Kita lihat saja apa yang terjadi dalam penjelasan APBD ini. Kalau dalam tinju ini pertandingan final," kata Lulung yang menggenakan kemeja batik bernuansa merah saat akan memasuki Gedung Pertemuan di Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2015).

Menurut Lulung Mendagri sebagai fasilitator dalam pertemuan ini harus bisa menempatkan diri sebagai pembina dari dua lembaga pemerintahan di daerah, dalam hal ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan DPRD.

Beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pun mengatakan jika kisruh yang terjadi antara pihak eksekutif dengan legislatif ihwal APBD 2015 ibarat adu pistol ala koboi. Meski mediasi terkait APBD 2015 akan menghasilkan surat keputusan, namun segala proses hukum yang sudah diajukan ke KPK menurut mantan Bupati Belitung Timur ini terus berjalan.

Hari ini Kementerian Dalam Negeri menggagendakan pertemuan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan DPRD untuk menyelesaikan kisruh APBD.

Pertemuan ini mengagendakan juga upaya penerbitan surat keputusan terkait APBD 2015 oleh Mendagri. Surat keputusan evaluasi APBD 2015 tetap akan terbit pada 8 Maret mendatang meski konflik antara Pemerintah Provinsi DKI dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI mengenai penyusunan anggaran masih berlangsung.

Mediasi ini dimulai menjelang pukul 10.00 WIB dan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Yuswandi A. Temenggung di Gedung C Kemendagri. Di ruang pertemuan secara berurutan duduk berderet Irjen Kemendagri Maliki Heru Santoso, Dirjen Keuangan Daerah Reydonnyzar Moenek, Sekjen Kemendagri Yuswandi A. Temenggung, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper