Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wali Kota Jakarta Barat Akui Ada Dana Siluman Rp270,8 Miliar

Wali Kota Jakarta Barat Anas Efendi mengakui temuan adanya tambahan Rp270,8 miliar dalam anggaran pendapatan dan belanja DKI 2015 versi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.
Wali Kota Jakarta Barat Anas Efendi. /jakartabarat.go.id
Wali Kota Jakarta Barat Anas Efendi. /jakartabarat.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Wali Kota Jakarta Barat Anas Efendi mengakui temuan adanya tambahan Rp270,8 miliar dalam anggaran pendapatan dan belanja DKI 2015 versi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Menurutnya, anggaran yang dimasukkan dalam sistem penganggaran elektronik (electronic budgeting/e-budgeting) senilai Rp131,9 miliar. Sementara itu, pada APBD DKI versi DPRD pagu bertambah senilai Rp270,8 miliar.

"Setelah dilakukan penelitian ditemukan adanya penambahan anggaran kegiatan sebesar Rp270,8 miliar," ujarnya dalam surat pernyataan yang diterima Bisnis.com, Kamis (5/3/2015).

Anas, sebagai pengguna anggaran (PA), menuturkan beberapa belanja yang tidak diusulkan adalah pengadaan alat catu daya listrik sementara (interruptible power supply/UPS) di 56 kelurahan dan delapan kecamatan, penanggulangan kenakalan remaja dan pemuda dalam rangka pembentukan akhlak yang mulia di kalangan remaja dan pemuda, penguatan mental dan spiritual bagi remaja melalui ESQ, sosialisasi bahaya minuman keras dan barkoba di kalangan remaja dan pemuda dengan pendekatan keagamaan, workshop dan pengembangan character building untuk meningkatkan mental dan spiritual bagi remaja dan pemuda serta ‎peningkatan wawasan spiritual bagi remaja dan kepemudaan.

"Terdapat Rp270,8 miliar yang tidak pernah saya usulkan," katanya.

Berikut kegiatan yang tak pernah diusulkan berdasarkan surat pernyataan Anas yang ditandatangani Senin (2/3/2015).

1. Pengadaan UPS 56 Kelurahan masing-masing Rp4,2 miliar. Totalnya, Rp236,3 miliar.

2. Pengadaan UPS 8 Kecamatan dengan harga per unit Rp4,2 miliar= Rp33,7 miliar

3. Penanggulangan Kenakalan Remaja dan Pemuda dalam rangka Pembentukan Akhlak Yang Mulia di kalangan Remaja dan Pemuda tingkat kota Administrasi Jakarta Barat Rp150 juta.

4. Penguatan Mental dan Spiritual bagi Remaja melalui ESQ Kota Administrasi Jakarta Barat dengan nilai Rp150 juta.

5. Sosialisasi Bahaya Minuman Keras dan Narkoba di Kalangan Remaja dan Pemuda dengan Pendekatan Keagamaan Tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat nilainya Rp150 juta.

6. Workshop dan Pengembangan Character Building untuk Meningkatkan Mental dan Spiritual bagi Remaja dan Pemuda Jakarta Barat dengan nilai Rp150 juta.

7. ‎Peningkatan Wawasan Spiritual bagi Remaja dan Kepemudaan di Jakarta Barat yang nilainya Rp150 juta. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper