Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KONFERENSI ASIA AFRIKA: Car Free Day 19 April Ditiadakan

Guna memberi kenyamanan, keselamatan dan keamanan para kepala negara yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika ke-60 di Jakarta, car free day (CFD) alias hari bebas kendaraan bermotor di Ibu Kota pada Minggu, 19 April 2015, ditiadakan.
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 15 April 2015  |  17:37 WIB
Warga berjalan kaki di sekitar Bundaran HI saat hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day, Jakarta, Minggu (12/4). - Antara
Warga berjalan kaki di sekitar Bundaran HI saat hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day, Jakarta, Minggu (12/4). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Guna memberi kenyamanan, keselamatan dan keamanan para kepala negara yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika ke-60 di Jakarta, car free day (CFD) alias hari bebas kendaraan bermotor di Ibu Kota pada Minggu, 19 April 2015, ditiadakan.

Bagi warga Jakarta yang ingin berolahraga dapat melakukan di Monas dan kawasan Senayan.

Kepala Seksi Pembina Pengguna Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Yayat Sudrajat mengatakan peniadaan CFD tersebut atas usulan dari pihak kepolisian, TNI dan pasukan pengamanan presiden (paspampres).

"Bertepatan dengan pelaksanaan KTT Asia Afrika yang jatuh pada hari Minggu, 19 April, maka pelaksanaan CFD ditiadakan. Hanya pada 19 April 2015. Pada minggu pekan depannya, CFD akan kembali dilaksanakan," tuturnya, Rabu (15/4/2015).

CFD ditiadakan untuk mendukung kelancaran dan keamanan kegiatan KTT Asia Afrika yang akan digelar di Jakarta mulai 19 April hingga 23 April 2015.

Dengan tidk adanya CFD, maka lalu lintas di sepanjang Jalan Sudirman dan Thamrin akan dibuka normal, sehingga kendaraan bermotor baik mobil, motor maupun angkutan umum bisa melalui jalur CFD, dan tidak ada rekayasa lalu lintas maupun penutupan kedua jalan protokol tersebut.

“Jadi lalu lintas di kedua jalan protokol tersebut berjalan seperti hari-hari biasa. Tapi, sekali lagi ini hanya untuk hari Minggu ini saja,” ujarnya.

“Kita berharap masyarakat yang berolahraga tidak lagi di kawasan Sudirman dan Thamrin, tapi dapat di Senayan dan Monas,” terangnya.

Untuk sosialisasi peniadaan CFD, mulai hari ini Dishubtrans DKI mulai memasang spanduk di beberapa lokasi, menyebarluaskan informasi ke media elektronik dan media cetak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KTT Asia Afrika
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top