Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DANA HIBAH: DKI Evaluasi Alokasi ke Kota Penyangga

Pemrov DKI Jakarta saat ini sedang mengevaluasi besaran dana hibah yang akan diberikan kepada sejumlah daerah penyangga alias mitra DKI Jakarta menyusul dikoreksinya besaran APBD DKI 2015 yang sebesar Rp69,289 triliun.nn
Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat/Beritajakarta.com
Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat/Beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemrov DKI Jakarta saat ini sedang mengevaluasi besaran dana hibah yang akan diberikan kepada sejumlah daerah penyangga alias mitra DKI Jakarta menyusul dikoreksinya besaran APBD DKI 2015 yang sebesar Rp69,289 triliun.

Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Jumat (17/4/2015). Menurutnya sebagai konsekuensi penggunaan pagu belanja pada APBD 2014, maka besaran dana bansos dikurangi dan juga termasuk dana hibah untuk beberapa kabupaten/kota mitra DKI Jakarta.

"Termasuk dana hibah. Kita prediksi APBD P 2015 kan sekitar Juni atau Juli. Karena ini melalui pergub, maka kemudian di APBD P juga pergub. Saya sudah tanya ke Kemendagri katanya ya sudah sekali pergub tetap pergub. Perda nanti saja 2016," paparnya.

Saat ini Pemrov DKI Jakarta diketahui sedang menghitung ulang seberapa besar jatah dana hibah yang tepat untuk beberapa darah penyangga yang semula akan dikucuri, seperti Tangerang Selatan, Bogor, dll.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah juga mengiyakan bahwa daerah mitra akan terkena pengurangan alokai dana hibah lantaran saat ini pmerov sedang melakukan efisiensi untuk program-program prioritas.

"Dana hibah untuk mitra kepotong pasti. Karena kita akan lihat, dia proposalnya buat apa. Tetep kita lihat proposal. Kita akan evaluasi lagi. Saya belum berani bilang karena masih berjalan prosesnya. Kemendagri minta kita untuk efisiensi. Kalau ada alokasi anggaran yang tidak sesuai dengan program pembangunan prioritas, pasti kami potong," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan tetap mengalokasikan dana hibah untuk diberikan kepada sejumlah daerah penyangganyanya meskipun saat ini menggunakan payung hukum Peraturan Gubernur (Pergub) dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2015.

Pengalokasian dana hibah dalam rancangan pagu anggaran APBD DKI 2015 yang sebesar Rp72,9 triliun, sebanyak 5 kota mitra penyangga DKI Jakarta akan diberikan kucuran dana hibah, seperti Pemkab Bogor Rp67,4 miliar, Pemkab Tangerang Rp17,7 miliar, Pemkot Tangerang Rp100 mlliar, Pemkot Tangerang Selatan Rp74,8 miliar dan Pemkot Bekasi Rp98,1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper