Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JFFF 2015: 117 UMKM Akan Ramaikan Jakarta Fashion & Food Festival

JFFF 2015 akan melibatkan Kampoeng Tempo Doeloe, seperti tahun-tahun sebelumnya dan akan ada 117 pelaku usaha mikro kecil menengah (UKM) Jakarta yang akan menjajakan 200 jenis penganan Nusantara
Puput Ady Sukarno
Puput Ady Sukarno - Bisnis.com 29 April 2015  |  15:30 WIB
JFFF 2015: 117 UMKM Akan Ramaikan Jakarta Fashion & Food Festival
Kita berikan apresiasi terhadap ragam kuliner tradisional. - jfff.info

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 117 usaha mikro kecil mikro (umkm) bakal turut memeriahkan acara Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) ke-12 di Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 13 Mei - 7 Juni 2015.

Gelaran hasil kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan PT Summarecon Agung Tbk., tersebut merupakan bagian dari program Enjoy Jakarta dan menjadi acara pembuka dalam rangkaian HUT DKI Jakarta.

Acara gelaran ke-12 kalinya tersebut tetap konsisten menggelar tiga kegiatan utama, yakni Fashion Festival, Food Festival dan Night Gading Karnaval.

Ketua Panitia JFFF 2015, Soegianto Nagaria mengatakan untuk Food Festival dalam JFFF 2015, pihaknya tetap mendirikan Kampoeng Tempo Doeloe seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Akan ada 117 pelaku usaha mikro kecil menengah (UKM) Jakarta yang akan menjajakan 200 jenis penganan Nusantara, yang akan dihadirkan di Kampoeng Tempo Doeloe," tuturnya, di sela-sela preview JFFF di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta, Rabu (29/4/2015).,

Pihaknya mengatakan bahwa Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) akan dibangun dengan tema Pelabuhan Sunda Kelapa. "Kita berikan apresiasi terhadap ragam kuliner tradisional Tanah Air," tuturnya.

Menurutnya, di antara ratusan jenis makanan nusantara itu, akan ada perwakilan 30 ikon kuliner Indonesia, khususnya daerah maritim.

Soegianto menambahkan pengambilan tema Pelabuhan Soenda Kelapa, karena ingin membawa pengunjung untuk kembali mengingat pelabuhan yang sangat terkenal di Jakarta pada tempo dulu.

"Kampoeng Tempo Doeloe akan disulap menyerupai pelabuhan masa lampau dilengkapi dekorasi atraktif, ornamen-ornamen layaknya di pelabuhan serta replika kapal penuh warna," ujarnya.

Beberapa makanan khas nusantara yang namanya sudah tak asing lagi di telinga dan bisa dinikmati mayarakat antara lain seperti Empal Gentong Putra Mang Darma, Tongseng Pak Budi, Kupat Tahu Magelang, Sate Padang Mak Syukur, Gado-Gado Direksi, Nasi Gudeg Bu Tjitro, Soto Bangkong, Kue Putu Bambu Medan.

Selain itu, dapat dijumpai pula aneka jajanan tradisional seperti Otak-otak Petojo, Rujak Juhi Bang Tata, Kerak Telor, Tahu Gejrot, Tauge Goreng, Buah Lontar, dan masih banyak lainnya. Hidangan lezat dan berbagai penganan khas tanah air tersebut dapat dinikmati sambil menonton berbagai permainan dan hiburan tradisional istimewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dki jfff
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top