Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JFFF 2015: 117 UMKM Akan Ramaikan Jakarta Fashion & Food Festival

JFFF 2015 akan melibatkan Kampoeng Tempo Doeloe, seperti tahun-tahun sebelumnya dan akan ada 117 pelaku usaha mikro kecil menengah (UKM) Jakarta yang akan menjajakan 200 jenis penganan Nusantara
Kita berikan apresiasi terhadap ragam kuliner tradisional. /jfff.info
Kita berikan apresiasi terhadap ragam kuliner tradisional. /jfff.info

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 117 usaha mikro kecil mikro (umkm) bakal turut memeriahkan acara Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF) ke-12 di Summarecon Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 13 Mei - 7 Juni 2015.

Gelaran hasil kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan PT Summarecon Agung Tbk., tersebut merupakan bagian dari program Enjoy Jakarta dan menjadi acara pembuka dalam rangkaian HUT DKI Jakarta.

Acara gelaran ke-12 kalinya tersebut tetap konsisten menggelar tiga kegiatan utama, yakni Fashion Festival, Food Festival dan Night Gading Karnaval.

Ketua Panitia JFFF 2015, Soegianto Nagaria mengatakan untuk Food Festival dalam JFFF 2015, pihaknya tetap mendirikan Kampoeng Tempo Doeloe seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Akan ada 117 pelaku usaha mikro kecil menengah (UKM) Jakarta yang akan menjajakan 200 jenis penganan Nusantara, yang akan dihadirkan di Kampoeng Tempo Doeloe," tuturnya, di sela-sela preview JFFF di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta, Rabu (29/4/2015).,

Pihaknya mengatakan bahwa Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) akan dibangun dengan tema Pelabuhan Sunda Kelapa. "Kita berikan apresiasi terhadap ragam kuliner tradisional Tanah Air," tuturnya.

Menurutnya, di antara ratusan jenis makanan nusantara itu, akan ada perwakilan 30 ikon kuliner Indonesia, khususnya daerah maritim.

Soegianto menambahkan pengambilan tema Pelabuhan Soenda Kelapa, karena ingin membawa pengunjung untuk kembali mengingat pelabuhan yang sangat terkenal di Jakarta pada tempo dulu.

"Kampoeng Tempo Doeloe akan disulap menyerupai pelabuhan masa lampau dilengkapi dekorasi atraktif, ornamen-ornamen layaknya di pelabuhan serta replika kapal penuh warna," ujarnya.

Beberapa makanan khas nusantara yang namanya sudah tak asing lagi di telinga dan bisa dinikmati mayarakat antara lain seperti Empal Gentong Putra Mang Darma, Tongseng Pak Budi, Kupat Tahu Magelang, Sate Padang Mak Syukur, Gado-Gado Direksi, Nasi Gudeg Bu Tjitro, Soto Bangkong, Kue Putu Bambu Medan.

Selain itu, dapat dijumpai pula aneka jajanan tradisional seperti Otak-otak Petojo, Rujak Juhi Bang Tata, Kerak Telor, Tahu Gejrot, Tauge Goreng, Buah Lontar, dan masih banyak lainnya. Hidangan lezat dan berbagai penganan khas tanah air tersebut dapat dinikmati sambil menonton berbagai permainan dan hiburan tradisional istimewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper