Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lestarikan Ciliwung, UI Gelar Runforiver UI Half Marathon 2015

Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) kembali menggelar kompetisi lari Runforiver UI Half Marathon pada 6 September 2015.
Sungai Ciliwung. /bisnis
Sungai Ciliwung. /bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) kembali menggelar kompetisi lari Runforiver UI Half Marathon pada 6 September 2015.

Ketua Mapala UI Firman Arif mengatakan panitia membuka tiga kategori jarak yang dilombakan, yaitu 21 km, 10 km, dan 5 km.

Lingkungan kampus Universitas Indonesia di Depok, sambungnya, masih menjadi lokasi lomba. Jalur yang dinamis dan dikelilingi pepohonan akan menambah daya tarik bagi para pelari untuk menjadi peserta pada kompetisi tersebut.

"Tahun ini akan diadakan serangkaian acara untuk mendukung kegiatan Runforiver. Salah satunya ialah Ciliwung Rally yang akan mengajak 200 orang untuk melakukan pengarungan dan aksi bersih di Sungai Cilwung pada awal Agustus," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis.com, Selasa (5/5/2015).

Selain itu, menjelang kompetisi juga diadakan seminar mengenai teknik berlari dan tes rute Runforiver yang dapat diikuti oleh semua kalangan.

Pendaftaran acara yang mengkampanyekan kepedulian terhadap Sungai Ciliwung tersebut dibuka dari 1 Mei-31 Juli 2015 melalui Runforiver.com. Seluruh uang pendaftaran akan didonasikan untuk program River Adoption.

“Semakin banyak orang yang terlibat dan ikut turun untuk menyebarluaskan dan beraksi nyata demi Ciliwung, maka cita-cita untuk membuat Ciliwung lebih baik bisa diwujudkan sedikit demi sedikit,” ujar Firman.

Acara ini telah digelar dua kali yakni pada 2013 dan 2014. Pada tahun pertamanya, Runforiver diikuti oleh hampir 1.000 pelari dengan  penanaman 2.000 pohon di sekitar hulu Sungai Ciliwung yang diadopsi selama tiga tahun oleh masyarakat sekitar.

Kemudian pada tahun berikutnya, Runforiver menyumbangakn 10% biaya pendaftaran dari 2.000 pelari untuk program River Adoption. Hasilnya adalah pemberian bantuan buku kepada Saung Pustaka Air yang dikelola Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Depok. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper