Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI Kucurkan Dana Hibah Restorasi Kota Tua

Pemerintah Provinsi DKI akan membantu dana hibah Rp20 miliar untuk restorasi Kota Tua. Sementara dana sewa gedung nantinya akan disumbangkan untuk Yayasan Institut Kesenian Jakarta (IKJ).n
Bangunan di kawasan Kota Tua Jakarta Barat/Antara
Bangunan di kawasan Kota Tua Jakarta Barat/Antara
Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI akan membantu dana hibah Rp20 miliar untuk restorasi Kota Tua. Sementara dana sewa gedung nantinya akan disumbangkan untuk Yayasan Institut Kesenian Jakarta (IKJ).
 
Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI, Sylviana Murni menyatakan anggaran sewa di Kota Tua tidak akan masuk di kas DKI.
 
"Sepertinya tidak masuk kas DKI, tetapi untuk detailnya bisa tanyakan ke BPKAD," ungkap Sylviana.
 
Sewa gedung akan dihibahkan pada yayasan yang menaungi Institut Kesenian Jakarta yang dipimpin Slamet Rahardjo Djarot. Slamet Rahardjo menegaskan partisipan komunitas bukan hanya dari IKJ tetapi dari seluruh Indonesia.
 
Dalam rencana pembangunan pusat pendidikan kesenian ini, Pemprov DKI hanya mendanai dana sewa gedung.
 
Dana ini diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan diusulkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBDP) 2015.
 
Untuk revitalisasi ini, Pemprov DKI memberikan hibah senilai Rp16 miliar hingga Rp20 miliar yang akan masuk dalam APBD Perubahan. Latar belakang histori yang bagus, tatanan taman yang cocok, dan pendisiplinan pedagang kaki lima (PKL) di luar.
 
Bangunan dua lantai dengan luas 2000 meter persegi ini dipilih karena bebas dari pedagang kaki lima, sehingga memudahkan pengembangan gedung menjadi pusat komunitas.
 
Tak hanya itu, sebagai tempat pertunjukan film, musik, dan teater, bangunan ini akan dibangun dengan lahan parkir yang memadai.
 
Gedung yang dibangun pada 1920-an ini juga dinilai memiliki akses yang mudah bagi masyarakat. Ini sesuai dengan keinginan Pemprov DKI Jakarta agar pusat komunitas seni mudah dijangkau masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper